Selasa, 01 Februari 2011

Teknologi Dapat Tingkatkan Perasaan Terisolasi


BUDAYA PONSEL: Sebuah studi baru menemukan bahwa mayoritas mahasiswa merasa terdorong untuk segera menjawab pesan baru di ponsel mereka, dan setidaknya separuh waktu mereka ragu apakah pengirim sedang bercanda atau serius. (ADEK BERRY/AFP/GETTY IMAGES)

Teknologi menjanjikan kesempatan konektivitas yang lebih daripada sebelumnya, namun satu dari tujuh mahasiswa mengatakan bahwa situs jejaring sosial seperti Facebook, Myspace, dan Twitter sebenarnya meningkatkan perasaan terisolasi.

Ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh mtvU (jaringan perguruan tinggi 24 jam MTV), Jed Foundation, dan Associated Press. Ini adalah bagian dari kelompok kampanye “Half of Us” yang menguji kesehatan mental mahasiswa, dan keterkaitan mereka dengan teknologi.
Jejaring sosial jelas-jelas telah menjadi bagian penting dari kehidupan mahasiswa. Studi mengatakan bahwa 90 persen siswa dilaporkan mengunjungi situs jejaring sosial pada minggu lalu, sementara hampir 40 persen mengklaim memiliki lebih dari 500 teman di situs tersebut.
Teknologi tidak hanya memungkinkan siswa untuk membuat rencana dan mengkoordinasikan jadwal, tetapi juga berbagi perasaan dan ide – teman-teman adalah bagian paling utama bagi para siswa untuk berbagi di saat mereka memerlukan bantuan. Dua puluh persen siswa memiliki teman yang telah diajak berbicara tentang keinginannya untuk mengakhiri hidup mereka pada tahun lalu, dan hampir 1 dari 10 laporan harus memiliki pemikiran mengenai hal bunuh diri.
Sekitar 40 persen siswa mengatakan bahwa mereka mungkin akan meminta bantuan untuk masalah pribadi yang serius atau memberitahukan temannya  saat mereka marah atau kecewa melalui pesan teks.
Walaupun teknologi ini memungkinkan untuk menjalin komunikasi lebih luas, namun juga dapat mengakibatkan kontak manusia menjadi kurang semestinya. Studi ini menemukan bahwa sementara hampir 70 persen siswa membaca laporan posting dari seorang teman dekat yang tampaknya mengalami masalah emosional, kurang dari setengah yang akan mengunjungi secara pribadi untuk melihat teman yang tertekan itu.
Sementara e-mail, pesan teks, dan posting jejaring sosial membantu mahasiswa berkomunikasi satu sama lain, namun tanpa isyarat visual kontak manusia yang sebenarnya membuat hubungan pertemanan digital dapat membawa kesalahpahaman dan menimbulkan kebingungan. Siswa melaporkan bahwa setidaknya setengah waktu mereka berada pada ketidak kepastian apakah pengirim sedang bercanda atau serius.
Siswa melaporkan bahwa komunikasi digital menawarkan banyak kenyamanan, tetapi juga mengatakan (bahwa hal itu) menambahkan dimensi baru tekanan sosial. Setidaknya separuh waktu, 85 persen dari siswa mengatakan bahwa mereka merasa terdorong untuk segera menjawab pesan baru di ponsel mereka. Hampir 60 persen siswa melaporkan bahwa jika pesan teks yang telah mereka kirim tidak ditanggapi, mereka menghabiskan waktu menganalisis makna di balik tidak ditanggapinya pesan mereka itu.
Godaan teknologi ini juga dapat terwujud dengan cara lain, seperti lebih dari 60 persen siswa mengatakan mereka telah menemukan diri mereka sering melacak profil jejaring sosial seseorang.
Sepertiga dari responden melaporkan melakukan online lebih dari enam jam sehari, dan 90 persen mahasiswa mengatakan mereka mengunjungi situs jaringan sosial dalam seminggu terakhir. Hampir setengah dari siswa mengirim lebih dari 50 pesan teks sehari, dan seperempat mengirim lebih dari 100 pesan.
Tujuh puluh persen dari responden melaporkan pernah berdebat melalui pesan teks, meskipun mayoritas mahasiswa mengakui bahwa penyelesaian konflik secara langsung adalah pilihan yang jauh lebih baik.
Di saat banyak siswa melaporkan bahwa menjauhi teknologi akan membuat hidupnya lebih stress, dua kali dari jumlah ini mengatakan akan memiliki efek menenangkan.

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords