Selasa, 01 Februari 2011

Bersembunyi Di Balik Bima Sakti


Galaksi yang menyerupai makhluk kosmis berkaki ini, menampakkan rupa dirinya dalam citra infra merah yang diambil lewat Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA. Galaksi spiral indah bernama IC 342 ini kadang disebut juga sebagai “galaksi yang tersembunyi”, karena terselubung di belakang galaksi Bima Sakti kita

Para pengamat bintang dan astronomer profesional mengalami kesulitan mengamati galaksi ini karena tertutup oleh bintang-bintang terang, debu dan awan gas di galaksi kita. Akan tetapi dengan memakai citra infra merah dari WISE, kita mampu mengamati galaksi ini.
Dalam galaksi spiral seperti IC 342 ini, debu dan gas semua terpusat di bagian lengannya. Kantong gas yang lebih padat memicu pembentukan bintang baru (pada gambar yang berwarna hijau dan kuning). Sedangkan pada inti, yang berwarna merah pada gambar, juga menghasilkan bintang ba-ru yang memanaskan debu galaksi tersebut. Sedangkan bintang yang berwarna kebiruan yang tampak pada gambar terletak di antara galaksi kita dan IC 342.
Galaksi ini menjadi menarik bagi para astronom karena jaraknya yang relatif dekat. Akan tetapi, muncul kesulitan ketika para astronom menentukan seberapa jauh jaraknya dari Bumi. Edwin Hubble, seorang astronom kenamaan Amerika mengira bahwa galaksi tersebut masih termasuk grup lokal galaksi kita. Namun, perkiraan terbaru menempatkan galaksi itu lebih jauh lagi, sekitar 6.6 sampai 11 juta tahun cahaya.
Citra ini didapat dengan memakai keempat detektor infra merah yang diusung oleh WISE. Warna biru dan cyan melambangkan cahaya inframerah dengan panjang gelombang 3.4 dan 4.6 mikron, yang merupakan cahaya utama dari sebuah bintang. Sedangkan warna hijau dan merah merupakan infra merah dengan panjang gelombang 12 dan 22 mikron, yang merupakan emisi utama dari debu yang hangat.

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords