Selasa, 01 Februari 2011

Menjelang Ajal



Adakah kesadaran setelah kematian otak?

Ketika jantung seseorang berhenti berdetak dan kematian otak terjadi, apakah itu berarti kesadaran seseorang juga lenyap?
Banyak orang yang kembali dari kematian dapat mengingat dengan jelas saat jiwanya keluar dari raganya. Melayang-layang di atas suatu ruangan dan menyaksikan sendiri tubuh mereka serta dokter yang merawatnya.
Orang hidup tidak pernah dapat mengetahui sensasi semacam ini. Meskipun seseorang telah mengalaminya dan mereka tidak dapat memberikan bukti, kita tidak dapat mengatakan pengalaman mereka tidak benar.
Untuk meneliti fenomena ini, sekitar 25 rumah sakit di Inggris dan Amerika bergabung untuk mengetahui validitas 'jiwa seseorang yang keluar dari raganya'. Mereka melakukan percobaan pada 1.500 pasien penderita penyakit jantung, untuk meneliti apakah si pasien masih memiliki kesadaran setelah detak jantung mereka berhenti berdetak.
Apakah jiwa mereka melayang ke langit-langit ruangan?
Para peneliti menempatkan berbagai foto di atas rak buku. Orang-orang yang berada di dalam ruangan tersebut tidak dapat melihat benda-benda itu, namun hanya mereka yang berada dekat langit-langit kamar dapat melihat gambar itu dengan jelas.
Dr. Sam Parnia dari Universitas Shouthampton mengatakan, "Jika kita dapat membuktikan bahwa kesadaran masih kuat setelah kematian otak, maka kita dapat mengatakan bahwa kesadaran adalah mandiri dari tubuh kita."
Dia menambahkan, sulit menemukan kasus seperti ini, namun para peneliti harus berpandangan terbuka.
Mr. Parnia menjelaskan bahwa ketika seorang pasien meninggal akibat serangan jantung; secara teoritis tubuhnya sudah dinyatakan mati setelah dokter melakukan proses dengan alat picu jantung.
Dia juga mengatakan, "Pasien telah memberikan kita jendela kesempatan untuk lebih mamahami bagaimana proses kematian itu sesungguhnya'

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords