Selasa, 01 Februari 2011

Ikan Pemakan Kayu Ditemukan di Peru



Paulo Petry, pakar Zoologi Universitas Harvard mengatakan, ikan tersebut ditemukan di wilayah yang penuh dengan keanekaragaman hayati. (Paulo Petry)

Peru - Spesies ikan pemakan kayu dengan gigi berbentuk sendok ini, ditemukan di wilayah terpencil hutan Amazon, Peru.

Sejumlah ilmuwan dari National Science Foundation AS membuat temuan itu selama ekspedisi di wilayah taman nasional Purus Alto, Peru, bulan lalu.
Ikan tersebut, panjangnya mencapai 70 cm, dengan 'gigi berbentuk sendok', yang khusus untuk mengikis kayu dalam sungai.
Masyarakat setempat telah lama menangkap ikan ini dengan cara menembak di air untuk dikonsumsi. Penangkapan hidup-hidup pertama kalinya dilakukan para ilmuwan untuk kepentingan riset.
Paulo Petry, seorang profesor zoologi Universitas Harvard, mengatakan ikan itu ditemukan di wilayah yang penuh dengan keanekaragaman hayati, yang kini terancam oleh pesatnya pembangunan.
"Spesimen yang kami tangkap merupakan spesimen segar pertama, sehingga kami memiliki ikan yang dapat digunakan sebagai sampel. Tampaknya benar-benar sulit untuk menemukan dan menangkapnya. Anda harus menangkap ikan-ikan itu dengan menggunakan jaring khusus atau dengan menembaknya. Semasih ikan-ikan itu memakan kayu, anda tidak akan dapat menangkapnya dengan tali senar," ujar Dr. Petry.

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords