Selasa, 01 Februari 2011

Hubble Rilis Gambar Baru Terbentuknya Bintang Muda



Berputarnya awan berdebu dianggap sebagai bintang baru yang ditengah-tengah membentuk cahaya bintang raksasa yang melepas keluar gelombang radiasi. (NASA)
Awan raksasa dari gas dan debu yang memercikan warna biru cerah, memperlihatkan citra baru dari bintang muda panas lewat Teleskop Antariksa Hubble.
NGC 2467 demikian disebut, merupakan gugus awan gas raksasa,  dengan kandungannya yang sebagian besar hidrogen, berfungsi sebagai inkubator untuk bintang-bintang baru.
Pada gambar ini, bintang muda panas yang baru terbentuk dari awan tersebut, sedang memancarkan gelora radiasi ultraviolet, yang mengakibatkan seluruh pemandangan menjadi bercahaya.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar radiasi berasal dari satu bintang panas raksasa yang tepat berada di tengah atas gambar tersebut.
Gelora radiasi merambat ke sekitar kawasannya dan beberapa bintang pada generasi berikutnya sedang terbentuk dalam daerah-daerah padat di sekitar tepi.

NGC 2467 terletak pada gugusan bintang Puppis selatan, nama Latin pada geladak sebuah kapal. (NASA)
Gambar ini tercipta dari beberapa gambar yang diambil dengan Wide Field Channel dariAdvance Camera untuk melakukan penelitian melalui tiga filter berbeda.
Filter-filter ini dipilih untuk mengetahui perbedaan warna anatara cahaya merah dan kuning yang berasal dari unsur-unsur berbeda dalam gas tersebut.
Gambar diambil sekitar 2.000 detik. 


0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords