Selasa, 01 Februari 2011

Takdir


Takdir
Takdir

Di Shantong provinsi Zhouping, Tiongkok ada seorang pejabat bernama Zhang Gong. Dia mendapat perintah dari raja untuk pergi mengadakan persembahan di vihara Nan Yue.

Ditengah perjalanan hari sudah mulai gelap, rombangan mereka lalu berhenti di sebuah pavilion untuk beristirahat.
Tetapi kepala pengawal berkata kepada Zhang Gong, “Saya dengar di pavilion ini sering terjadi hal yang aneh, jika kita malam ini menginap disini, saya takut malam ini ada kesulitan.”
Zhang Gong tidak takut, ketika tengah malam setelah mandi, dia berpakaian rapi, tangannya menggenggam sebuah pedang duduk di dalam pavilion.
Tiba-tiba dia mendengar suara langkah kaki, dari luar masuk seorang pria tua yang sudah beruban, berpakaian hitam, dia merasa heran, bertanya kepada pria tua itu, siapa dia?.
Pria tua ini langsung berlutut dihadapannya dan berkata, “Saya ada pengawal yang menjaga harta di daerah ini. Sudah sejak lama saya menjaga harta ini, kebetulan malam ini tuan lewat, maka harta ini akan saya serahkan kepada tuan, dengan demikian saya bisa terlepas dari tanggung jawab berat ini.”
Zhang Gong bertanya, “Berapa banyak harta yang ada didalam gudang itu?”
“Didalam gudang ada 23.520 emas,” jawab pengawal gudang.
Zhang Gong lalu berpikir mereka masih mau ke tempat yang jauh untuk bertugas, membawa demikian banyak emas sungguh tidak praktis dan berbahaya.
Lebih bagus dalam perjalanan pulang dia mengambil emas ini, lalu dia berkata kepada pria tua ini, bahwa dia akan mengambilnya dalam perjalanan pulang, setelah pria tua ini mendengar perkataannya mengiyakan lalu membalikkan badan menghilang dari tempat itu.
Zhang Gong sampai di Nan Yue mewakili raja mengadakan persembahan di vihara, dia mendapat layanan dan banyak hadiah dari pejabat di daerah ini.
Didalam perjalanan pulang mereka berhenti menginap lagi di pavilion ini, pria tua itu kembali muncul, Zhang Gong bertanya kepada pria tua itu emas yang ada di gudang, bermaksud menghitung dan membawa pulang, pria tua ini menjawab, “Emas tersebut sudah diantar ke daerah Liaodong, didistribusikan untuk keperluan pihak militer.”
Zhang Gong terbingung mendengar perkataan pria tua yang tidak konsisten ini, beberapa waktu yang lalu masih mengatakan bahwa emas tersebut milik saya, sekarang mengatakan sudah didistribusikan ke pihak militer.
Dia meminta penjelasan dari pria tua ini, lalu pria tua ini berkata, “Dalam hidup manusia, keberuntungan, nyawa, jodoh semua ditentukan oleh Tuhan, semua itu tidak boleh lebih dan kurang juga tidak boleh berubah, Tuanku sekali ini ke Nan Yue, hadiah dari pejabat daerah semuanya sudah menjadi milik tuan, kenapa menginginkan yang lebih banyak lagi?” Setelah berkata demikian pria tua itu membalikkan badan menghilang dari tempat itu.
Akhirnya, Zhang Gong menghitung hadiah yang didapat dari pejabat daerah Nan Yue, total semua hasil tersebut persis sama seperti yang dikatakan pria itu yaitu, 23.520 emas, satu sen pun tidak kurang dan lebih.
Dia segera mengerti di dalam kehidupan manusia,  berapa banyak harta yang dimiliki sudah ditakdirkan, semua yang terjadi dalam hidup baik untung dan rugi adalah jalan yang telah diatur oleh Yang Kuasa, manusia tidak boleh serakah.

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords