Selasa, 01 Februari 2011

Permukaan Bulan Menyusut



Gambar bulan yang ditemukan dengan garis retakkan. (PA)

Belahan yang ditemukan pada permukaan bulan menunjukkan bahwa tetangga bumi terdekat ini telah mengalami penyusutan.

Seperti balon mengempis, satelit ini nampak sedang menguncup karena pendinginan dari dalam, ujar para ilmuwan.
Bukti menunjukkan, proses pendinginan telah mengurangi radius Bulan sekitar 100 m dari sebelumnya.
Penemuan ini terungkap setelah pada gambar yang tertangkap ditemukan garis-garis aneh yang disebut 'lobate scraps' pada dataran tinggi bulan.
Retakan-retakan serupa pertama kali telah ditemukan dalam foto yang diambil dekat garis katulistiwa Bulan oleh astronot yang menjalankan misi pada awal 1970-an.
Empat belas 'lobate scraps' baru, kini telah diidentifikasi oleh Lunar Reconnaissance Orbiter, menurut laporan para peneliti dalam jurnal Science. Mereka terutama menemukan yang berada di dataran tinggi, dengan menunjukkan bahwa garis-garis itu menyebar secara global.
Para ahli yakin bahwa retakan itu diakibatkan oleh pecahnya kulit bulan yang rapuh sehingga bulan mengecil - suatu proses geologi yang nampaknya terjadi belum lama ini.
"Salah satu aspek luar biasa dari lereng curam di bulan, kelihatan dengan nyata," ujar Dr. Thomas Watters, dari Institusi Smithsonia, Washington.
"Terlihat masih baru, secara global menunjukkan kontraksi yang baru terjadi di bulan, akibat pendinginan dari dalam."
Namun, para pengamat perbintagan tidak mungkin mengenali setiap perubahan ukuran bulan dalam waktu singkat di masa mendatang.
Fenomena ini menunjukkan bahwa penyusutan sekitar 100 m itu, terjadi dalam milyaran tahun terakhir. 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords