Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Membuat Unattended Setup Windows XP dengan NLite



Setelah 3 artikel sebelumnya yaitu Mengintegrasikan Hotfix ke Setup Windows XP dengan Nlite,Mengintegrasikan Service Pack ke Setup Windows XP dengan NLite dan Mengintegrasikan Driver ke Setup Windows XP dengan NLite, seri NLite kini telah mencapai seri ke-4 (empat). Pada seri keempat ini saya akan mengajak Anda untuk membuat Unattended Setup Windows XP, tentunya masih menggunakan NLite.
Dengan membuat unattended setup Windows XP, Anda tidak perlu lagi menunggui instalasi Windows XP untuk menjawab beberapa pertanyaan yang muncul pada setup wizard. Jadi ketika setup sudah berjalan, Anda bisa meninggalkannya dan kembali lagi ke komputer setelah proses instalasi selesai.
Cara membuat unattended setup Windows XP ini, hampir sama dengan tutuorial NLIte sebelumnya. Jadi bagi Anda yang sudah mengikutinya dari awal, mungkin bisa melewatkan beberapa langkah awal. Untuk lebih jelasanya berikut tutorial cara membuat unattended setup Windows XP dengan NLite:
  1. Seperti biasa, pertama copy terlebih dahulu setup Windows XP ke dalam sebuah folder pada harddisk. Apabila Anda sudah melakukan beberapa tutorial NLite sebelumnya, langkah ini bisa Anda lewati.
  2. Buka program NLite dan pada jendela pertama klik Next.
  3. Berikutnya klik tombol Browse untuk menentukan lokasi folder Setup Windows XP.
  4. Browse Setup Windows XP
  5. Selanjutnya, di jendela Browse For Folder, pilih folder setup Windows XP yang sudah di copy ke harddisk. Jika Anda telah melakukan tutorial sebelumnya, Anda bisa menggunakan setup tersebut. Tunggu hingga proses scanning yang dilakukan NLite selesai. Klik Next untuk melanjutkan.
  6. Pilih Folder Setup Windows XP
  7. Pada jendela Import Preset, lewati saja langkah ini dengan mengklik Next.
  8. Kemudian, pilih Unattended Setup pada jendela berikutnya dan klik Next.
  9. Selanjutnya, Anda akan masuk ke tahap pengisian opsi unattended. Pada jendela ini, Anda mesti melengkapi beberapa input yang nantinya merupakan jawaban atas pertanyaan yang biasanya muncul pada proses instalasi Windows XP. Berikut beberapa hal penting yang harus lengkapi agar proses instalasi Windows XP nantinya berjalan lancar:
    • Pertama klik tab General. Pada tab ini, pilih Hide Pages pada opsi unattended mode. Kemudian isi product key Windows XP pada input Product Key. Jangan samapai salah dalam memasukkan product key. Jika salah, setup Windows XP bisa saja gagal.
    • Unattended General
      Klik gambar untuk memperbesar
    • Setelah selesai mengisi input pada tab General, klik tab Users. Pada tab ini Anda bisa membuat user account yang nantinya akan Anda gunakan untuk login ke Windows. Untuk itu klik tombol Add. Masukkan Username yang Anda inginkan pada input Username, password pada input Password. Input password ini bersifat opsional. Anda bisa memberikan password dan bisa juga tidak dengan menandai opsi Blank Password.
      Unattended User
      Klik gambar untuk memperbesar

      Tak lupa pilih tipe account Anda, apakan Administrator atau bukan dengan memilihnya pada opsi Local Group. Kemudian klik tombol Add. Jika Anda ingin agar account Anda tersebut login otomatis ketika selesai menginstall Windows, pilih username Anda pada opsi Autologon.
    • Apabila semua input yang diperlukan pada tab Users sudah selesai Anda isi, klik tab Owner and Network ID. Masukkan nama komputer pada Computer Name, nama workgroup pada Workgroup (opsional. Jika nantinya Anda terhubung ke sebuah jaringan LAN, masukkan nama Workgroup LAN tersebut), nama organisasi pada Organization (opsional).
    • Unattended Owner
      Klik gambar untuk memperbesar
    • Setelah selesai pada tab Owner and Network ID, klik tab Regional. Pada tab ini lengkapi beberapa opsi yang diperlukan. Pilih bahasa yang ingin digunakan pada opsi Language. Di bawahnya, tandai opsi Custom. Kemudian pilih Indonesian padaLocalizationUS pada opsi KeyboardDefault pada Location, dan pilih zona waktu Anda pada Timezone.
    • Unattended Regional
      Klik gambar untuk memperbesar
    • Selanjutnya yang terakhir, klik tab Display. Pilih kedalaman warna yang sesuai pada Color Depth, resolusi layar pada Resolution, dan Refresh Rate. Sesuaikan ketiga pengaturan tadi dengan kemampuan VGA dan monitor Anda.
    • Unattended Display
      Klik gambar untuk memperbesar
    Jika kelima pengaturan tadi sudah Anda lengkapi, saatnya melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu melakukan proses integrasi ke setup Windows XP. Namun, sebelumnya perlu kiranya Anda periksa kembali kelima pengaturan tadi agar memperkecil terjadinya kesalahan. Jika semuanya Anda rasa sudah beres, klik Next untuk melanjutkan.
  10. Jika muncul sebuah pesan yang bertuliskan Do you want start the process? klik Yesuntuk memulai proses.
  11. Dialog Start
  12. Proses integrasi driver akan dimulai dan tunggu hingga proses ini selesai.
  13. Proses Integrasi Hotfix
  14. Jika proses telah selesai, klik Next dan terakhir klik Finish.
Sekian tutorial cara membuat Unattended Setup Windows XP dengan NLite. Pada seri berikutnya, saya akan membahas cara membuat CD Bootable atau ISO dari setup Windows XP yang telah Anda kustomisasi dengan NLite melalui beberapa artikel tutorial NLite yang telah saya bahas termasuk tutorial ini. Selamat mencoba!

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords