Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Membuat System Image Windows 7



Beberapa hari yang lalu saya memposting artikel tentang cara membuat CD Repair (System Repair Disc) Windows 7. CD Repair Windows 7 ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki Windows 7 Anda yang mengalami gagal masalah, misalnya gagal start. Salah satu opsi atau tool yang ada pada system recovery disc tersebut adalah System Image Recovery. Dengan tool ini, Anda dapat melakukan recovery dengan sebuah system image dari Widows 7 Anda. Pada artikel tersebut, saya juga berjanji akan membahas tutorial cara membuat system image di Windows 7. Nah, pada artikel kalai ini, saya aan membahas tutorial langkah demi langkah membuat sebuh system image Windows 7.
Sebelum membuat system image dari Windows, Anda mesti menyiapkan sebuah partisi yang paing tidak sama dengan ukuran partisi Windows Anda. Bahkan kalau bisa lebih besar. Dan kalau bisa pula, disk yang dijadikan tempat penyimapan image Windows tidak satu physical drive atau satu hardware dengan hard disk tempat instalasi windows. Hal ini bertujuan agar apabila hard disk tempat instalasi Windows mengalami kerusakan maka Anda masih mempunyai sebuah hard disk yang berisi system image.
Selain menggunakan hard disk, Anda juga bisa menggunakan media DVD sebagi tempat penyimpanan system image Anda. Namun, jumlah media DVD yang Anda butuhkan mungkin lebih dari 1 DVD. Tergantung ukuran instalasi Windows 7 Anda.
Apabila, Anda sudah menyiapkan sebuah partisi atau sebuah disk khusus sebagai media penyimpanan image, berikut langkah-langkah membuat system image Windows 7:
  1. Buka Control Panel. Pada jendela Control Panel, perhatikan pada item System and Security. Di item tersebut ada sebuah tulisan Back up your computer. Klik pada tulisanBack up your computer tersebut.
  2. Control Panel - Backup Computer
  3. Di jendela selanjutnya, pada sisi jendela sebelah kiri, klik menu Create a System Image
  4. Menu - Create System Image
  5. Setelah itu akan muncul jendela Create System Image. Pada jendela tersebut, tandai pilihan On a hard disk karena kita akan menggunakan sebuah partisi pada sebuah hard disk sebagai tempat penyimpanan image. Kemudian pilih partisi yang akan dijadikan tempat penyimapan system image Windows 7 pada drop down box yang disediakan. KlikNext untuk melanjutkan.
  6. Create System Image - Pilih Drive
    Di jendela selanjutnya, Windows akan secara otomatis memilih operating system yang akan dibuat system image-nya. Karena ada komputer saya terdapat dua OS Windows, maka saya harus membuat system image dari kedua OS tersebut. Klik Next untuk melanjutkan.
    Create System Image - Pilih OS
  7. Selanjutnya, Anda akan menemui sebuah jendela konfirmasi backup (pembuatan system image). Pada jendela tersebut, Anda dapat melihat drive mana saja yang dibackup, jumlah ruang hard disk yang dibutuhkan dan lokasi penyimpanan system image Windows Anda anantinya. Klik Start Backup untuk memulai proses backup.
  8. Konfirmasi Backup
  9. Setelah Anda mengklik tombol Start Backup tadi, maka proses pembuatan system image Windows akan segera dimulai. Tunggu hingga proses selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat system image dari Windows ini tergantung dari ukuran instalasi Windows Anda.
  10. Pembuatan System Image Mulai
Jika poses pembuatan image operating system Anda sudah selesai, Anda dapat menggunakannya kapan pun untuk merecover Windows 7 Anda seperti keadaan pada saat system image ini dibuat. Cara melakukan recovery dengan system image oS Windows ini akan saya bahas pada kesempatan lain. Jadi agar Anda tak ketinggalan dengan tutorial tersebut, silahkan berlangganan artikel blog ini dengan mengklik link bertuliskan Langganan Artikel Melalui Email disebalah kanan blog ini, agar Anda mendapat update langsung ke email Anda.
Sekian tutorial cara membuat system image operating system Windows 7. Semoag bermanfaat dan selamat mencoba!

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords