Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Mengakses Partisi Linux Melalui Windows



Paragon ExtBrowserSaya yakin banyak pengguna komputer yang menggunakan lebih dari satu operating system (OS) pada komputernya. Contohnya, satu Windows dan satu lagi Linux. Dan saya juga yakin bagi Anda pengguna OS dengan platform berbeda tersebut pasti mengetahui jika format partisi kedua system tadi berbeda. Windows menggunakan partis berformat FAT atau NTFS, sedangkan Linux menggunakan EXT. Seperti yang Anda ketahui, Linux mampu mengenali partisi yang berformat NTFS ataupun FAT. Sebaliknya, Windows sampai saat ini belum mampu mengenali partisi berformat EXT. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mengakses file-file Anda yang berada di partisi Linux melalui OS Windows? Misalnya Anda ingin menginstall sebuah program Windows yang kebetulan file setup-nya Anda download dan tersimpan di partisi Linux.
Mungkin, Anda mesti merestart komputer dan masuk ke Linux. Kemudian meng-copy atau memindahkan file setup tadi ke partisi Windows. Setelah itu, restart lagi dan masuk ke Windows dan baru melakukan setup program yang saya maksud di atas tadi. Tentu hal ini sangat menyulitkan jika terjadi berulang-ulang.
Namun, kini ada cara yang lebih mudah agar Anda bisa mengakses partisi Linux (EXT) melalui Windows. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah software dari Paragon yaitu Paragon ExtBrowser. Paragon ExtBrowser memudahkan Anda untuk mengelola file Anda yang ada di partsi Linux melalui OS Windows. Anda bisa melakukan proses copy file dan folder, rename, delete, melihat propertinya dan bahkan mengeksekusi (membuka) file tersebut jika format file didukung oleh Windows. Jadi Anda bisa memutar video atau mp3, membuka dokumen office atau teks, dan mengeksekusi sebuah setup program Windows yang Anda di partisi Linux tersebut.
Paragon ExtBrowser mudah digunakan. Anda cukup menginstallnya di Windows, kemudian Anda akan menemukan sebuah drive baru pada Windows Explorer. Drive baru ini bernama ExtFS Drive. Untuk mengakses partisi Linux, Anda cukup melakukan double klik pada drive baru tersebut. Sama seperti mengakses drive Windows.
Partisi Ext di Windows Explorer
Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan yang Anda lakukan di Windows untuk mengelola file-file dan folder-folder di drive Linux. Seperti membuka folder, membuka file, meng-copy, rename atau delete.
Mengelola File di Partisi Ext
Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengakses partisi Linux melalui Windows? Silahkan download Paragon ExtBrowser melalui link diakhir artikel. Paragon ExtBrowser adalah freeware. Anda tidak perlu membayar untuk dapat menggunakan software ini. Yang hanya perlu Anda lakukan adalah melengkapi sebuah form pada website Paragon dengan Nama, alamat email, negara, telefon, dan memilih bahasa program ExtBrowser ini. Setelah Anda men-submit data tersebut, pihak Paragon akan mengirimkan sebuah email yang berisi link download Paragon ExtBrowser ke alamat email yang Anda gunakan tadi.

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords