Sabtu, 05 Februari 2011

Mengintegrasikan Driver ke Setup Windows XP dengan NLite



Setelah pada 2 artikel sebelumnya membahas tentang NLite yaitu cara mengintegrasikan service pack ke setup Windows XP dan menambahkan hotfix ke setup Windows XP, pada seri ketiga NLite ini saya akan memberikan tutorial cara mengintegrasikan driver ke setup Windows XP. Dengan menambahkan driver ke setup Windows XP, Anda tidak perlu lagi menginstall semua driver secara manual setelah melakukan instalasi Windows XP.
Cara menambahkan driver ke setup Windows XP dengan NLite langkah-langkahnya hampir sama dengan 2 (dua) tutorial sebelumnya yang saya sebutkan di atas tadi. Bedanya cuma pada opsi yang mesti dipilih dan pemilihan driver. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka NLite. Pada jendela pertama klik Next.
  2. Di jendela kedua, klik tombol Browse untuk menentukan lokasi folder Setup Windows XP.
  3. Browse Setup Windows XP
  4. Selanjutnya, di jendela Browse For Folder, pilih folder setup Windows XP yang sudah di copy ke harddisk. Jika Anda telah melakukan tutorial sebelumnya, Anda bisa menggunakan setup tersebut. Tunggu hingga proses scanning yang dilakukan NLite selesai. Klik Next untuk melanjutkan.
  5. Pilih Folder Setup Windows XP
  6. Selanjutnya akan muncul jendela Import Preset. Di jendela ini Anda bisa mengimport sesi yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Lewati saja langkah ini dengan mengklik Next.
  7. Berikutnya, Anda diminta untuk menetukan apa saja yang ingin Anda integrasikan ke CD Setup Windows XP nantinya. Karena kemarin Anda sudah mengintegrasikan Service Pack serta Hotfix, Add-On and Update Packs, maka klik tombol Driver. Untuk opsi yang lain, tidak usah ditandai karena akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Kemudian klik Next.
  8. Pilih Opsi Driver
  9. Setelah itu, pada jendela selanjutnya, Insert yang berada di pojok kanan bawah. Anda akan diberikan dua pilihan yaitu Single Driver atau Multiple Drivers.
    Insert Driver
    • Jika Anda ingin mengintegrasikan driver yang terdiri dari banyak driver lain dalam satu folder, pilih Multiple Driver. Contohnya, driver motherboard. Biasanya driver motheroard terdiri dari banyak driver. Seperti driver Audio, LAN Card, VGA, chipset dan lain-lain. Setelah Anda mengklik Multiple Driver, maka akan muncul jendelaBrowse For Folder.
      Pilih Folder Driver
      Pilih folder driver dan klik OK. Selanjutnya, akan muncul jendela Select Driver. Pada jendela ini, Anda bisa memilih driver yang mana saja akan disertakan. Jika Anda kurang paham driver mana yang mesti dimasukkan, pilih semua driver dan klik OK.
    • Pilih Driver
    • Sebaliknya, jika Anda hanya memilih driver yang tidak terdiri dari banyak driver, pilih Single Driver. Contohnya, driver Modem. Maka akan muncul sebuah jendela dan Anda diminta menentukan file .inf dari driver yang ingin dimasukkan. Pilih file .inf dari driver dan klik Open.
    • Pilih inf - Single Driver
      Klik gambar untuk memperbesar
    Ulangi 2 (dua) langkah tadi untuk memasukkan driver yang lain. Jika semua driver sudah Anda masukkan, klik Next untuk melanjutkan.
  10. Jika muncul sebuah pesan yang bertuliskan Do you want start the process? klik Yesuntuk memulai proses.
  11. Dialog Start
  12. Proses integrasi driver akan dimulai dan tunggu hingga proses ini selesai.
  13. Proses Integrasi Hotfix
  14. Jika proses telah selesai, klik Next dan terakhir klik Finish.
Proses mengintegrasikan driver ke setup Windows XP dengan NLite telah selesai. Pada artikel selanjutnya, saya akan memberikan tutorial cara membuat unattended setup Windows XP dengan NLite. Semoga bermanfaat!

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords