Kamis, 03 Februari 2011

Rumah Megah 27 Lantai Milik Triliuner India


Mukesh Ambani, orang terkaya India (AP)

Pria terkaya India, Mukesh Ambani, dan tiga anggota keluarganya telah pindah ke rumah baru mereka yang diberi nama 'Antillia'--mengambil nama sebuah kota mistis. Akhir bulan ini, Ambani sedang bersiap menjamu tamu-tamu VVIP-nya, salah satunya tak kurang adalah Perdana Menteri India, Manmohan Singh.

Apa yang disebut 'rumah' ini bukanlah rumah pada umumnya. Ini adalah bangunan 27 lantai yang menjulang di langit kota Mumbai. Laksana hotel berbintang lima, di dalamnya dilengkapi fasilitas kesehatan, gimnastik, studio tari,ballroom, sejumlah lounge, bioskop dengan 50 tempat duduk, dan setidaknya ada satu kolam renang.

Bangunan setinggi 173 meter ini juga memiliki tiga helipad di atap. Sementara di bagian bawah, tersedia area parkir yang mampu memuat 160 mobil sekaligus. Tamu juga tak perlu ngos-ngosan mendaki tangga, sebab sembilan lift siap sedia naik turun setiap saat. 





Antilia, rumah megah Mukesh Ambani (jevrie-island.webnode.com)

'Antilia' dibangun dari kaca, baja, dan ubin. Juga, dilengkapi dengan taman gantung empat lantai yang dirancang untuk menjaga ruangan tetap dingin di musim panas dan hangat di musim dingin. Dari lantai-lantai atasnya, penghuni bisa menikmati pemandangan spektakuler Mumbai dan Laut Arab. 

Jika luas seluruh lantai digabungkan, luas rumah ini mencapai 37 ribu meter persegi--lebih luas dari Istana Versailles di Prancis. Untuk merawatnya supaya tetap rapi dan kinclong, dibutuhkan 600 staf rumah tangga. 

Tak perlu heran bagaimana Ambani mampu membangun rumah semegah ini. Pria berusia 53 tahun ini bukan hanya orang paling kaya di India, tapi juga berada di urutan keempat manusia paling makmur sejagat. Saat ini, kekayaan Ambani mencapai sekitar US$29 miliar alias sekitar Rp261 triliun! Namun, empat tahun lagi, kekayaannya diperkirakan membengkak menjadi US$62 miliar. Majalah Forbes memprediksi ia akan berada di tahta orang terkaya sedunia pada tahun 2014. 

Ambani adalah pemilik Reliance Industries, konglomerasi bisnis India yang bergerak di bidang petrokimia, pertambangan, pembangkit, serta minyak dan gas. Kini, kerajaan bisnisnya terus merangsek ke berbagai bidang. (Daily Mail | kd)

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords