Kamis, 03 Februari 2011

Makanan 'Lima Warna' Untungkan Kesehatan



Budaya Tiongkok mengenal hubungan yang sangat erat antara makanan dan obat-obatan. Pengobatan tradisional Tiongkok dalam prakteknya sangat menekankan keseimbangan tubuh manusia demi tercapainya perbaikan sistem tubuh dan organ. Keseimbangan ini merujuk pada Yin dan Yang.

Nutrisi dari sedikitnya lima macam warna makanan merupakan aspek penting dalam memperoleh kesimbangan Yin dan Yang.
Ketika prinsip-prinsip Yin dan Yang relativetidak dikenal dalam dunia Barat, kebudayaan Tiongkok telah memraktekkannya sejak abad ketiga. Lebih dari 3000 tahun lalu, Kaisar Huang menulis dalam buku klasiknya mengenai pengobatan internal, Huangdineijing, yang mengatakan apabila orang menginginkan kesehatan dan umur panjang, mereka harus mengonsumsi makanan dengan “lima warna, lima rasa dan lima aroma”.
Makanan multi warna sangat penting dalam pengobatan dan kuliner TIongkok, yang dipercaya bahwa warna (Merah, kuning, hijau, putih dan hitam) berkaitan dengan organ vital tubuh (yakni jantung, limpa, hati, paru dan ginjal). Warna tersebut juga berkaitan dengan lima elemen utama dalam budaya TIongkok, yakni api, tanah, kayu, air dan logam yang dapat kita temui di alam.
Dr. Ming Zhou, seorang ahli penyakit dalam (internis) Tiongkok mengatakan, didalam pengobatan Tiongkok tidak hanya menekankan pentingnya mencapai sebuah keseimbangan tubuh manusia, akan tetapi juga harmonisasi dengan alam. Inilah sebabnya mengapa kaitan warna dan organ dengan kelima elemen ini sangat penting.
Menurut Dr. Zhou, kelompok warna makanan yang menguntungkan bagi organ manusia adalah sebagai berikut :

Putih (logam)

Makanan berwarna putih dapat memberikan orang perasaan yang bersih dan memurnikan paru-paru. Mereka bagus untuk menenangkan emosi dan penglihatan. Kelompok makanan berwarna putih misalnya bengkoang, jamur, bawang bombay, lobak, kembang kol, bawang merah.

Hijau (kayu)

Hijau adalah warna kehidupan dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap hati (liver), ini adalah mata rantai paling fundamental dalam rantai makanan. Lagipula makanan berwarna hijau merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Kelompok makanan berwarna hijau misalnya buah alpukat, bayam, anggur hijau dan brokoli.

Hitam (air)

Warna hitam berhubungan dengan ginjal. Ginjal adalah organ yang paling dapat menimbulkan kematian diantara kelima organ, dan merpuakn asal mula kehidupan. Kelompok makanan berwarna hitam misalnya jamur hitam, jamur kuping, timun laut, telur hitam/pitan (kuliner kahs Tiongkok, dibuat dari telur ayam, bebek atau puyuh), wijen hitam dan beras hitam.

Merah (api)

Warna merah mempengaruhi jantung. Mengonsumsi lebih banyak makanan berwarna mera membantu system kekebalan tubuh dan mencegah flu. Kelompok makanan berwarna merah misalnya apel merah, strawberry, tomat dan bit.

Kuning (tanah)

Warna kuning berkaitan dengan limpa. Limpa bertugas mengubah dan mengantarkan energy dari makanan dan minuman ke seluruh tubuh. Kelompok makanan berwarna kuning misalnya jagung, lada kuning, melon kuning dan nenas. 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords