Kamis, 03 Februari 2011

Makanan Awet Muda



Menjadi tua adalah sebuah fenomena tak terhindarkan. Fenomena itu ditandai dengan keriput, kemampuan fisik yang menurun, kehilangan ingatan, menurunnya ketajaman logika dan mental.
Ada lagi, fungsi organ panca indra pun melemah, timbulnya penyakit seperti masalah jantung, diabetes, tekanan darah, arthritis (radang sendi), memutihnya rambut dan lain-lain.
Walaupun kita tidak bisa awet muda selamanya tetapi kita dapat menjaganya secara sehat dengan bantuan gaya hidup dan makanan yang sehat. 

Makanan Awet Muda

Ketika kekuatan tubuh dan pikiran menurun, ia membutuhkan lebih banyak energi dan tenaga yang berasal dari makanan yang sehat dan bergizi.
Makanan yang sehat dan bergizi tersebut meregenarasi dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh. Makanan yang kaya akan anti oksidan memperlambat proses pembelahan sel dan anti peradangan.
Antioksidan
Tubuh kita mempunyai beberapa radikal bebas oksigen, yang mempercepat proses penuaan. Antioksidan tersebut mengkonsumsi radikal bebas tersebut dan memperlampat penuaan. Makanlah ikan, kelapa, buah-buahan dan kacang-kacangan. Menghindari makanan beminyak, terlalu banyak daging dan kentang.
Mineral.
Mineral adalah salah satu dari diet sehat dan seimbang. Tetapi dengan bertambahnya usia karena kapasitas tubuh untuk memproduksi beberapa senyawa  menurun mereka seharusnya diambil dengan porsi yang lebih banyak. Badan membutuhkan lebih banyak vitamin dan kalsium.
Buah dan Sayur
Buah, misalnya jeruk, mempunyai kandungan serat, yang mudah dicerna dan kaya akan vitamin C. Semua buah yang berwarna adalah antioksidan.  Sayur berdaun hijau mempunyai kandungan besi dan mineral lainnya. Salad seharusnya dimasukkan dalam menu.
Gandum
Semua gandum mengandung serat larut dan juga mengandung anti oksidan.
Air
Air menjaga temperatur tubuh dan menjaga kulit dan organ-organ-organ lain tetap segar. Air juga membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuh.
Stress
Stress bisa meningkatkan beberapa masalah termasuk penyakit seperti tekanan darah, serangan jantung, depresi, diabetes. Lakukan olah raga dan meditasi secara teratur untuk mengendalikan stress.
Ultraviolet
Sinar ultra violet dari sinar matahari adalah sebab utama dari keriput.  Ultraviolet paling intens paparannya dari pukul 10 sampai 4 sore. Hindari berjalan di bawah terik matahari di jam-jam ini dan gunakan lotion dengan SPF ketika berjalan di bawah terik matahari.
Hindari merokok dan minum alkohol. Merokok dan alkohol berbahaya bagi kesehatan dan mempercepat tingkat penuaan. Ia secara langsung berpengaruh pada liver dan paru-paru. 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords