Kamis, 03 Februari 2011

Fenomena Matahari Kembar Diprediksi pada 2012


alt
Bumi mungkin saja akan memiliki matahari kembar, setidaknya untuk sementara waktu. (The Huffington Post/AP)
Dr. Brad Carter, Dosen Senior Ilmu Fisika Universitas Southern Queensland, telah menjelaskan sebuah skenario untuk news.com.au, tentang Betelgeuse, salah satu bintang paling terang yang besarnya terus menyusut.
Hal ini menandakan bahwa suatu ketika bintang ini akan lenyap terurai akibat terhempas dari supernova.
Ketika peristiwa itu terjadi, setidaknya sekali dalam beberapa minggu, kita akan dapat melihat adanya fenomena matahari kembar, ujar Carter.
Skenario Star Wars bisa saja terjadi pada 2012, ujar Carter...bahkan hal ini kemungkinan akan memakan waktu lebih lama. Ledakan ini juga dapat melahirkan sebuah bintang neutron, serta mengakibatkan terbentuknya formasi black hole 1.300 tahun cahaya dari Bumi, menurut laporan news.com.au.
Namun para sayers kiamat harus berhati-hati tentang spekulasi yang satu ini. Jika bintang tersebut terhempas ke supernova, Bumi akan dihujani oleh sejumlah pertikel yang tidak berbahaya, menurut Carter. “Benda-benda ini akan menghujani Bumi, meskipun supernova kita akan terlihat secara visual menerangi langit malam, 99 persen energi supernova akan dilepas ke dalam partikel-partikel yang sama sekali tidak akan membahayakan apapun,” ujarnya dalam news.com.au.
Sebenarnya, hujan neutrino dapat memberi manfaat pada Bumi. Menurut Carter ‘benda-benda dari bintang’ inilah yang membentuk alam semesta. “Benda-benda ini yang membentuk berbagai partikel seperti emas, perak, semua unsur logam—hingga uranium. Sebuah bintang seperti Betelgeuse yang telah membentuk segala macam logam berat dan atom yang dimiliki tubuh dan Bumi kita dari supernova masa lampau,” ujar Carter. 

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords