Kamis, 03 Februari 2011

Konsumsi Gula Merah Cegah Penuaan



Menurut ilmu kedokteran Tiongkok, gula merah bersifat hangat, rasanya manis dan berkhasiat untuk  menambah darah, memperkuat limpa, menghangatkan lambung, meredakan nyeri dan mengaktifkan peredaran darah.
Pada kaum lanjut usia, serapan terhadap multi vitamin dan mikronutrien perlahan-lahan semakin berkurang, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat  menjaga fungsi metabolisme dan memperlambat penuaan.
Gula merah sesuai bagi semua orang. Umumnya orang-orang beranggapan gula merah cocok bagi wanita yang baru saja melahirkan dan yang menstruasinya tidak teratur. Tetapi sebenarnya gula merah lebih cocok bagi kaum lanjut usia, terutama manula yang fisiknya lemah dan yang baru pulih dari sakit parah.
Komposisi gizi : Yang dimaksud gula merah umumnya adalah gula dari tebu yang mengandung madu, umumnya adalah gula madu dari perasan tebu yang dipadatkan dengan proses pengolahan yang sederhana.
Setiap 100 gram gula merah mengandung 90 mg kalsium, 4 mg besi dan sejumlah kecil kandungan laktoflavin dan karoten. Bahkan peneliti Jepang juga mengekstrak suatu polisakarida yang dinamakan “molases”. Dari hasil percobaan terbukti bahwa “molases” ini  memilki efek antioksidan yang kuat, dan khasiatnya nyata sekali untuk melawan penuaan dini.
Para ahli terkait menganjurkan pada saat kaum manula hendak mengkonsumsi gula, sebaiknya pilihlah gula merah. Kaum manula yang tinggal di kabupaten Nagoya di Jepang (Nagoya merupakan daerah penghasil gula merah) mempunyai kebiasaan minum segelas gula merah setiap hari.
Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumi gula merah. Tidak setiap manula cocok mengkonsumsi gula merah. Menurut ilmu kedokeran Tiongkok, bagi yang kekurangan cairan tubuh, panas dalam dan memiliki pencernaan buruk serta bagi penderita diabetes, tidak disarankan untuk mengkonsumsi gula merah. Selain itu pada saat makan obat, juga tidak dianjurkan mengkonsumsinya dengan gula merah. 

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords