Rabu, 02 Februari 2011

Terobosan Baru Jamur Jepang Dalam Penelitian Protein


alt
Jamur Maitake. Menggunakan sebuah enzim yang berasal dari jamur Jepang Grifola frondosa, protein dapat diidentifikasi tanpa perlu mengetahui komposisi genetika organisme. (ISTOCKPHOTO/LARYN BAKKER)
Menggunakan sebuah enzim yang berasal dari jamur Jepang Grifola frondosa, protein dapat diidentifikasi tanpa perlu mengetahui komposisi genetika organisme.
Penemuan ini menyederhanakan studi mengenai protein yang berada di akar penyakit seperti kanker dan diabetes. Professor Albert Heck dari Universitas Utrecht mengumumkan terobosan ini dalam sebuah jurnal Nature Method.
Protein memainkan peran penting pada penyakit dan proses pertumbuhan manusia, hewan dan tumbuhan. Sebelumnya identifikasi hanya dapat dilakukan apabila komposisi genetika suatu organisme telah diketahui.
Terima kasih kepada penemuan Heck. Heck menggunakan sebuah enzim yang berasal dari jamur Jepang Grifola frondosa untuk mengidentifikasi protein tanpa perlu mengetahui genetika.

Pembelahan Protein

Untuk mempelajari peran protein dalam proses biologi, protein itu sendiri membelah menjadi peptida (sekumpulan polimer yang terbentuk dari asam amino yang saling terhubung), yang dianalisa menggunakan kumpulan spekto-meter. Pengukuran tersebut menghasilkan sebuah ’sidik jari’ yang unik di tiap-tiap peptida.
Di masa lalu, protein hanya dapat diidentifikasi menggunakan sidik jari setelah membandingkan sidik jari dengan sebuah database yang berisi daftar kumpulan mengenai komposisi genetika yang dikenal.
Enzim dari jamur Jepang membelah protein dengan cara demikian sehingga peptida menghasilkan sidik jari yang sederhana. Hasilnya, protein dapat teridentifikasi walaupun gen organisme belum disesuaikan dengan database. Hal ini benar-benar menyederhanakan langkah mengidentifikasi protein.

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords