Rabu, 02 Februari 2011

Duluan Ayam Atau Telur? Jawabannya Ayam, Berikut Penjelasannya


Ketika ditanya, “Duluan mana antara ayam dan telur?”, banyak orang yang masih bingung menjawabnya. Para ilmuwan dari universitas di Sheffield dan Warwick melaporkan, seperti yang dilansir dari Mailonline, jawabannya adalah ayam. Penemuan ini dipublikasikan dalam makalah “Structural Control Of Crystal Nuclei By An Eggshell Protein”. Masih dari sumber yang sama, kulit telur yang terbentuk bergantung kepada zat protein yang hanya ada di rahim ayam. Artinya cangkang telur akan terbentuk hanya jika berada di dalam ayam.

Protein yang disebut ovocledidin-17, atau OC-17 – bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pengembangan kulit telur dan mengubah kalsium karbonat menjadi kristal kalsit yang membentuk kulit telur. Kalsit kristal ada di berbagai tulang dan tempurung tetapi mereka terbentuk lebih cepat di dalam ayam. Unggas itu mampu menghasilkan 6 gram kulit telur setiap 24 jam. Sedangkan computer yang digunakan oleh para ilmuwan, yang diberi nama HECToR itu membuktikan bahwa OC-17 sangat penting dalam memulai kristalisasi atau tahap awal penciptaan kulit telur.


sumber: beritanet.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords