Rabu, 02 Februari 2011

Silent Night yang Tidak Silent


alt

Liburan Natal di satu sisi adalah hari besar berkumpulnya keluarga orang Barat, namun seminggu sebelum natal, topan angin salju telah mengacaukan rencana liburan Natal di Amerika Utara, Eropa dan Asia, tahun ini kelihatannya berkumpul bersama keluarga dan teman jauh lebih susah dari tahun lalu. Topan Angin di musim dingin yang terjadi secara besar-besaran telah memaksa gereja-gereja di Amerika membatalkan perayaan malam Natal tahun ini.

Konferensi Perubahan Iklim PBB pada tgl 7 Desember 2009 diadakan di Bella Center Kopenhagen ibukota Denmark,  yang dikenal sebagai konferensi paling penting sejak Perang Dunia II berakhir dramatis. Masuknya puluhan ribu orang ke Kopenhagen, 119 kepala negara dan pemimpin membahas dan memutuskan masa depan 60 juta orang lebih penduduk di Bumi ini. 19 Desember "kesepakatan Kopenhagen" keluar, tidak akan ada "Protokol Kyoto" baru, tidak ada hukum yang mengikat, hanya pernyataan politik para pemimpin.
Pemanasan tidak hanya mempercepat mencairnya gletser ke permukaan laut dan mendorong permukaan air laut naik lebih tinggi, juga menyebabkan fenomena cuaca yang ekstrim, termasuk angin topan, banjir besar, kekeringan, topan salju, gelombang panas, gelombang dingin dan sebagainya.

Perubahan iklim berdampak pada ekologi Bumi

Pekan lalu, badai salju di Pantai Timur Amerika berlangsung sampai hari Minggu (20 Desember), tumpukan salju di kawasan Washington hingga 70 sentimeter. Eropa juga diserang es dan salju, selama 15 tahun salju lebat pertama kalinya pada tgl 20 badai tersebut telah mengakibatkan kereta Eurostar membeku hingga tidak bisa bergerak; di utara Italia turun salju dan di selatan banjir, Venesia pada tanggal 23 pagi telah diserang oleh pasang tinggi yang abnormal, disertai dengan angin kencang dan hujan lebat, sekitar 60% tempat banjir, tinggi air setinggi lutut dan merupakan banjir paling dasyat selama 20 thn terakhir. Pemerintah daerah setempat memperingatkan bahwa banjir yang lebih besar mungkin akan datang lagi dalam beberapa hari berikutnya di kota Venesia.
Pada tanggal 23 Desember, cuaca buruk yang terus berlangsung, telah membuat suhu di beberapa bagian Skotlandia turun ke titik terendah dalam sejarah, ia mencapai minus 16 derajat Celcius. Badai salju telah menyebabkan catatan record tertinggi di Inggris setidaknya 116.000 mobil rusak. Menyebabkan setidaknya 90 orang meninggal di Eropa karena cuaca dingin, dan memaksa penerbangan dalam skala besar dibatalkan, penumpang terdampar di jalan penutupan salju, keterlambatan kereta api, dan bandara ditutup karena landasan pacu beku.
Badai salju besar yang kedua telah menyerang Amerika Serikat, membuat daerah yang luas di Midwest terkena badai, hujan dan salju mengakibatkan lebih banyak penerbangan dibatalkan, menyebabkan kekacauan. Di Bandar Udara Chicago saja pada tanggal 23Desember  sebanyak 260 penerbangan dibatalkan karena cuaca buruk dan badai salju besar berkelanjutan, peristiwa itu  telah memaksa banyak gereja-gereja Amerika membatalkan upacara malam Natal. Ramalan Bureau of Meteorology mengatakan, cuaca seperti ini akan berlangsung lebih dari 26 Desember.
Chris Vaccaro juru bicara National Weather Service Amerika Vaccaro berkata: " badai salju masih terus menyerang dua pertiga dari wilayah Amerika Serikat."
Di bagian utara pada hari Natal turun salju setebal 61 cm, dari North Dakota sampai Texas telah mengeluarkan peringatan badai salju. Dan jalanan di Alabama dibanjiri air, negara bagian Selatan telah mengeluarkan peringatan banjir dan badai. Hujan es dan badai hujan es juga mengancam Pennsylvania, North Carolina, Washington dan pengunungan Appalachian.
Di kabupaten Aomori Jepang Asia, pada pekan lalu turun salju lebih dari 60 cm, gumpalan es telah menyumbat parit, hingga air salju mengalir ke mana-mana di jalan-jalan, dan menyebabkan banjir besar.
Di ibukota Rusia Moskow, mulai tgl 20 malam turun salju lebat, salju di beberapa daerah turun lebih dari 20 cm, menyebabkan kemacetan lalu lintas kota yang serius,   jalan-jalan macet  hingga mencapai beberapa ratus kilometer. Di St Petersburg pada tgl 24 turun salju lebat setebal 14 cm dan yang  terbesar sejak Desember 1881.
Wilayah yang luas di utara daratan Tiongkok  terus diserang gelombang dingin, Observatorium Meteorologi Pusat pada tanggal 25 terus mengeluarkan lampu waspada oranye bertanda gelombang dingin. Dipengaruhi oleh udara dingin kuat, berbagai daerah dari barat laut ke timur laut temperatur akan turun hingga 8-18 derajat, diramalkan  temperatur pada beberapa daerah akan turun hingga minus 35 derajat. Tidak hanya wilayah barat turun salju lebat atau topan salju, namun di Mongolia dalam akan ada badai debu.
Di Xinjiang dalam beberapa hari telah dilanda badai angin dan salju besar, suhu turun hingga minus 40 derajat, di beberapa daerah  salju sedalam 60 cm. Di beberapa wilayah Aletai dalam dua hari suhu turun lebih dari minus 30 derajatm badai salju dan angin kencang membuat daerah Hami dan Yili serta daerah lainnya terjadi pemadaman listrik skala besar pada tgl 23, sistem pemanas di sebagian wilayah Yili juga terjadi pemutusan sementara. Di padang rumput Aletai saat badai angin dan salju, banjir di daerah pegunungan menghanyutkan dua pengembala dan lebih dari 800 domba, untungnya setelah penyelamatan hanya 25 domba mati.
Gunung berapi Mayon di Filipina baru-baru ini aktif kembali, terus-menerus menyemburkan magma, gunung berapi Mayon yang tingginya lebih dari 2400 meter, adalah gunung berapi Filipina yang paling aktif, sejak tahun 1616 telah meletus 50 kali, yang paling serius adalah pada tahun 1814, menewaskan 1.200 orang. 

Sebuah badai salju mengiktui gelombang hawa dingin dari utara ke selatan dan mempengaruhi Eropa, dari Rusia, Jerman, Rumania, Hungaria hingga ke Inggris dan Perancis.  Tempat yang dilalui badai salju, penerbangan tertunda, bandara ditutup, jalan macet, gangguan di  rel kereta api dan penutupan  jalan di kota, segala sesuatu tampak sangat membingungkan.
Hal ini membuat orang teringat kembali, film 2012 yang belum lama diselenggarakan, jika manusia tidak menghargai kehidupan mereka sendiri dan lingkungan, ketika alam sudah tidak mampu menahan  kehancuran ekstrem yang dilakukan manusia dan mengambil tindakan balasan, umat manusia hanya bisa mengatakan "sudah jauh hari tahu itu sangat berharga"! 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords