Rabu, 02 Februari 2011

Air: Mendinginkan atau Membakar?



Dengan fokus tepat, titik air dapat mengakibatkan daun terbakar. (Epoch Times)
Titik air dapat menjadi fokus bagi sinar matahari pada permukaan daun, yang mengakibatkan terjadinya kebakaran

Penelitian yang dipimpin Dr. Gabor Horvath dari Unversitas Eovtos Hongaria menemukan, air dapat mengakibatkan kulit terbakar. Mereka melakukan penelitian dampak kondisi kemampuan titik air berbeda pada daun akibat fokus sinar matahari, sehingga menyebabkan terjadinya proses pembakaran.
Penelitian tersebut dipublikasikan dalam New Phytologist, Jumat (8/1) lalu, dengan melibatkan sejumlah peneliti baik dari komputasi maupun eksperimental untuk menentukan dalam kondisi bagaimana air dapat mengakibatkan daun terbakar.
"Yang menjadi persoalan adalah fokus sinar matahari oleh titik air pada permukaan tanaman tidak pernah diteliti secara mendalam, baik secara teoritis maupun eksperimental," ujar Horvath dalam siaran persnya. "Namun, ini jauh dari sebuah pertanyaan sepele. Banyak kalangan berpendapat bahwa kebakaran hutan dapat dipicu sinar matahari yang secara inten difokuskan oleh titik air pada tanaman kering."
Horvath dan beberapa rekannya menemukan, titik-titik air tidak dapat membakar daun maple atau ginko karena permukaannya yang halus. Namun, daun pakis apung, daunnya rentan terbakar akibat titik air tanah pada permukaan lilin rambut daun tersebut, karena akan membentuk kaca pembesar pada permukaan daun.
"Fenomena yang sama dapat terjadi ketika tetesan air terdapat pada permukaan kulit manusia," tulis para peneliti pada sebuah koran. "Namun, eksposur berkelanjutan mengakibatkan kulit menjadi fokus kuat terhadap sinar matahari yang mengharuskan posisi seseorang relatif konstan. Oleh karena itu, kita dituntut merawat kulit dengan dosis tepat tanpa ada keraguan akibat terbakar matahari karena tetesan air pada permukaan kulit."  
Secara teoritis, para peneliti menulis, jika titik air terdapat pada permukaan tanaman kering, fokus sinar matahari akan semakin kuat, yang bisa mengakibatkan timbulnya api. Namun, ada kemungkinan bahwa titik air akan menguap sebelum hal tersebut terjadi, sehingga ancaman seperti itu sangat kecil.

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords