Rabu, 02 Februari 2011

Sudah Saatnya Sumber Teknologi Terbuka


Sumber perangkat lunak terbuka (Open Source Software atau OSS) dikenal sebagai perangkat lunak "gratis". Tetapi, ini tidak berarti "tanpa biaya" tetapi lebih mengarah kepada "kebebasan berbicara".
OSS adalah perangkat lunak dengan izin khusus yang memperbolehkan pemakai membentuk dan mengganti seperlunya.
OSS memberikan kebebasan pengguna untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah, dan memperbaiki program dengan empat kebebasan esensial. Termasuk kebebasan menjalankan program untuk tujuan apapun, untuk mempelajari bagaimana cara kerja program dan diganti ketika diperlukan melalui akses ke sumber kode, mendistribusikan kembali duplikat untuk memberi manfaat pada orang lain, dan terakhir kebebasan memperbaiki program dan pengeluaran versi modifikasi kepada publik.
Model OSS menghasilkan proses perkembangan perangkat lunak yang dikemudikan oleh komunitas yang dapat menyelesaikan banyak persoalan di tingkat lokal. Ini artinya adalah solusi yang cepat dan sangat sering digunakan untuk kebutuhan identifikasi.

Katedral dan Bazaar

Dalam buku The Cathedral and Bazaar, Eric Steven Raymond menulis tentang sejarah perkembangan perangkat lunak. Dia menggambarkan bagaimana perangkat lunak yang paling penting, yaitu sistem operasi dan peralatan yang besar, seperti membangun sebuah katedral, diciptakan dengan cermat oleh individu ahli teknologi.
Sebaliknya, Raymond menjelaskan bahwa OSS, atau tepatnya sistem operasi komunitas Linux, adalah seperti sebuah bazar, di mana banyak gagasan berbeda, metode dan pendekatan perkembangan perangkat lunak seolah seperti sulap, bergabung ke dalam sistem operasi yang koheren dan kestabilan "kelas dunia" dengan ribuan pengembang paruh waktu bertebaran di seluruh dunia, bekerja di waktu luang mereka.
Dalam beberapa tahun belakangan ini, pendekatan OSS pada perkembangan perangkat lunak telah menarik perhatian pendiri jangka panjang katedral, dengan banyaknya komersialisasi atau pengembang perangkat lunak "sumber tertutup" yang memperhatikan kekuatan komunitas ini—pengembangan produk.
Banyak perusahaan sekarang sedang menguji perangkat lunak beta versi awal mereka dengan pelanggan setia atau publik dan meminta bantuan mereka untuk melaporkan bugs atau memberikan koreksi. Hasilnya adalah produk yang lebih baik dengan biaya marketing yang lebih sedikit.
Banyak produk perangkat lunak komersial sekarang mempunyai komponen sumber terbuka di dalamnya. Sebagian menawarkan sepenuhnya proyek berbasis komunitas dan komersial.
Misalnya Sun Microsystems menawarkan Open Office, sebuah aplikasi perangkat lunak produktivitas berbasis komunitas, dan rekanan komersial pesaingnya Star Office.
Open Office berlisensi sumber terbuka dan mengizinkan siapa pun untuk melakukan perubahan pada kode dan  memodifikasinya,  sedangkan Star Office tidak mempunyai lisensi sumber terbuka, dan tidak boleh diubah.
Perangkat lunak sumber terbuka memperbolehkan siapa saja mengambil bagian dalam perkembangannya di tingkat yang mana pun yang mereka inginkan. Keindahan model ini terdapat pada kesederhanaannya. Begitu perangkat lunak ini diluncurkan, orang-orang yang terlibat dalam pengembangan, perbaikan, pengujian, dokumentasi, dan pengemasan memulai hubungan baru dengan program tersebut, sebagai pemakai yang paling kritis.
Karena individu-individu ini selalu mencari cara untuk memperbaiki program yang dibuatnya, sehingga menjadikannya sebagai proses pengembangan berfokus pada pelanggan yang sangat baik. Lebih baik lagi, proses yang dilaluinya sepenuhnya adalah dikendalikan oleh konsumen.

Mengubah Dunia Melalui Perangkat Lunak

Meskipun berkembang dengan kecepatan tinggi, telah dilakukan pemantauan jumlah proyek sumber terbuka di seluruh dunia. Dalam artikel The Total Growth of Open Source, Amit Desh pande dan Dirk Riehle SAP Labs LLC secara kuantitatif menganalisa lebih dari 5.000 proyek sumber terbuka.
Mereka memeriksa baik pertumbuhan dengan definisi macam-macam kode dan juga pertumbuhan cepat dalam jumlah proyek yang dilakukan. Kerja mereka menunjukkan bahwa sumber terbuka sedang berkembang menjadi lingkup dan aplikasi baru dengan laju sangat cepat.
Sumber terbuka ternyata lebih dari sebuah model perangkat lunak; dia adalah sebuah filsafat dengan nilai-nilai transparan dan terbuka yang membentuk dunia dengan berbagai cara.
Sistem operasi terbuka bahkan telah menjadi alat berharga dalam membela dan melindungi hak asasi manusia. Misalnya, aplikasi seperti Drupal, sistem manajemen konten yang menciptakan komunitas dunia maya, atau WordPress, platform blogging, adalah model sistem operasi terbuka paling canggih yang dapat menciptakan jalan komunikasi untuk orang-orang yang tinggal dalam rezim pemerintah penindas. 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords