Rabu, 02 Februari 2011

Perkampungan Tenaga Surya di Jerman


alt

Perkampungan tenaga surya  adalah sebutan yang paling cocok untuk kota Freiburg di Jerman.

Semua rumah (yang berjumlah 58 unit) hingga perkantoran dalam proyek ini, semuanya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.
Sehingga tak heran jika dianggap sebagai proyek pemukiman tenaga surya paling modern di Eropa.
Pada Kompetisi Inovasi yang diselenggarakan oleh majalah Real Estate Manager, proyek ini meraih hadiah pertama.
Perancang proyek ini, Rolf Disch, memfokuskan disain dan layout-nya untuk memaksimalkan penggunaan sinar matahari, seperti misalnya teras rumah yang menghadap ke arah selatan dan jarak antara gedung diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan panas dari matahari mengenai rumah secara tidak langsung.
alt
Dengan kata lain layout proyek ini dirancang berdasarkan arah orientasi matahari pada daerah tersebut.
Disaat musim panas tiba, sinar matahariyang sangat terik tidak sampai masuk kedalam rumah, namun ketika musim dingin tiba, sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dan berfungsi sebagai penghangat pasif.
Energi listrik dihasilkan oleh panel-panel surya atau disebut juga panel pv (photo-voltaic) ditempatkan pada atap bangunan.Energi tersebut disimpan dalam jaringan panel dan bila diperlukan dapat diekstrasi.
Sedangkan energi panas yang dihasilkan pemanas air tenaga surya dimasukkan kedalam tabung-tabung, dan kemudian dimanfaatkan sebagai pemanas air  dan pemanas ruangan. 

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords