Jumat, 20 Juli 2012

Kecanduan Playstation Sebabkan Ruam Kulit


Permainan playstation (PS) membuat banyak anak-anak dan pria dewasa keranjingan. Mungkin juga termasuk buah hati dan pasangan Anda. Tapi Anda harus hati-hati. Sebab jika mereka memainkan PS dalam jangka waktu lama, peralatan yang selalu mereka pegang bisa menjadi pemicu penyakit kulit.

British Journal of Dermatology mengungkapkan, joystick untuk bermain PS bisa menyebabkan gatal dan ruam pada kulit. Para peneliti mendapat kesimpulan tersebut setelah meneliti kasus yang dialami seorang anak perempuan berusia 12 tahun di Swiss.

Anak tersebut mengalami ruam kulit yang cukup parah setelah bermain menggunakan joystick selama 10 hari. Dokter yang memeriksanya di Rumah Sakit Geneva University menyimpulkan kondisi tersebut adalah idiopathic eccrine hidradenitis, yaitu kelainan pada kulit yang menimbulkan bercak-bercak merah dan bengkak pada tangan dan telapak kaki.

Kondisi itu biasanya ditemukan pada telapak kaki anak yang suka melakukan aktivitas berat seperti joging. Gejala penyakit ini biasanya juga ditandai dengan banyaknya keringat yang keluar.

Tapi pada kasus di atas, gejala yang pada anak perempuan itu bukanlah gejala umum. Sebab si anak tidak melakukan aktivitas fisik yang banyak. Orang tua gadis kecil itu mengatakan, anaknya bermain PS cukup lama dan tetap melanjutkan meskipun sudah muncul tanda kemerahan pada tangannya.

Para dokter memperkirakan ruam yang disertai bengkak itu disebabkan bahan pegangan yang terlalu keras pada joystick. Dan juga karena memegangnya dalam waktu lama.

"Penemuan gejala ini cukup penting untuk dibagi kepada para dermatologis agar mereka bisa segera mengatahui bagaimana mengatasinya serta pengobatannya," kata Nina Goad salah seorang dermatologis dari British Association.

"Jika khawatir timbul ruam dan bengkak saat bermain dengan joystick, berilah jeda waktu selama bermain. Saat tangan mulai berkeringat dan agak kaku berarti sudah waktunya menghentikan permainan dan beristirahat."
Menurut para peneliti, kecanduan bermain video game dengan joystick memang cukup mengkhawatirkan, baik secara fisik maupun psikologis.
Selain ruam kulit, gejala lain yang disebabkan kecanduan bermain PS adalah tendonitis akut. Kondisi ini merupakan nyeri sangat parah pada tendon otot lengan.



VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords