Selasa, 01 Februari 2011

Letusan Merapi Terekam Satelit NASA



Gambar dari satelit TERRA-NASA ini, menunjukkan bukti bahwa aliran piroklastik telah terjadi di sepanjang sungai Gendol, selatan Gunung Merapi. (AP)

Ini adalah gambar satelit saat lava mengalir dari Gunung Merapi yang telah menelan lebih dari 259 korban jiwa.

Gambar yang diambil dari instrumen ASTER pada satelit TERA-NASA ini menunjukkan bukti bahwa mengalirnya aliran piroklastik telah terjadi di sepanjang sungai Gendol, selatan Gunung Merapi.
Hamparan lava pijar vulkanik telah memenuhi sungai yang berada di sisi selatan gunung Merapi. Area dengan warna abu-abu adalah merupakan wilayah penyebaran aliran piroklastik yang mengakibatkan kehancuran secara total.
Dalam area yang terlihat berwarna abu-abu, merupakan wilayah yang sebagian besar pepohonannya hancur dan ditutupi oleh debu dan bebatuan vulkanik.
Aliran piroklastik merupakan cairan bebatuan dan gas mendidih yang bergerak dengan cepat setelah terjadinya letusan Merapi. Cairan panas ini dapat bergerak lebih deri 100 km/jam dan panasnya dapat mencapai 800 derajat celcius. Cairan ini menghanguskan apa saja yang dilewati.
Gambar-gambar berwarna ini digunakan untuk menandai fitur-fitur dalam fotografi satelit, dalam hal ini warna abu-abu gelap dari awan piroklastik.
Gunung berapi yang berada di jantung pulau jawa ini telah meletus kembali pada 26 Oktober dan menewaskan lebih dari 259 orang dalam rangkaian letusannya.
Merapi masih terlihat bergemuruh dan memuntahkan debu serta bebatuan vulkanik, namun aktivitasnya sudah mulai menurun dalam beberapa hari terakhir.
Setelah hampir tiga minggu berada di kamp-kamp pengungsian yang penuh sesak, para penduduk sekitar bergegas menuju desanya untuk mengais apa saja yang masih tersisa, ujar Lilik Sujati, kepala desa Jati, sebuah desa yang berada di sekitar Merapi.
"Rumah mereka ditutupi debu tebal, tanaman mereka tidak dapat dipanen. Kita membutuhkan jalan untuk membantu mereka. Banyak diantara mereka yang tidak memiliki apapun untuk dimakan," imbuhnya.

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords