Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Mematikan Automatic Update di Windows Vista



Kemarin saya telah membahas cara mematikan automatic update di Windows 7, hari ini saatnya saya juga akan membahas mengenai fitur otomatis update Windows yaitu cara mematikan Automatic Update di Windows Vista. Pada windows 7, Anda mempunyai beberapa pilihan pengaturan automatic update yaitu mematikannya secara penuh ataupun sebagain. Di Windows Vista pun sama. Anda juga mempunyai beberapa pilihan pengaturan automatic update seperti di Windows 7.
Sebenarnya, cara menonaktifkan fitur update otomatis di Windows Vista hampir sama dengan langkah-langkah menonaktifkan Automatic Update di Windows 7. Perbedaanya hanya sedikit saja. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mematikan automatic update di Windows Vista:
  1. Buka jendela Windows Update dengan mengklik Start » All Programs » Automatic Update.
  2. Start Menu - Windows Update
  3. Pada jendela Windows Update, klik Change Settings disebelah kiri jendela.
  4. Menu Setting Windows Update
  5. Di jendela setting Windows Update, terdapat beberapa pilihan pengaturan berupa radio button. Fungsi dari masing-masing opsi tersebut hampir sama dengan di Windows 7, yaitu:
    • Install update automatically (recommended). Pilihan ini akan mengatur Windows agar mendownload dan menginstall update secara otomatis. Dengan kata lain, jika Anda memilih opsi ini maka Automatic Update masih tetap aktif. Jadi karena tujuan kita adalah mematikan Automatic Update, maka pilih ini tidak usah Anda pilih.
    • Download update but let me choose whether to install them. Opsi ini akan mengatur Windows agar mendownload update secara otomatis, namun tidak akan menginstallnya secara otomatis. Anda bisa saja menginstall update tersebut ataupun tidak.
    • Check for update but let me choose whether to download and install them. Opsi ini akan mengatur Windows agar hanya memeriksa update, namun tidak mendownload dan menginstall update tersebut. Jadi Anda hanya akan mendapat notifikasi tentang update yang ada. Anda bisa mendownload ataupun menginstallnya sesuai dengan keinginan Anda.
    • Never check for update (not recommended). Opsi ini akan mematikan Automatic Update secara penuh. Windows tidak akan memeriksa update yang ada ataupun mendownload dan menginstall update tersebut.
    Setting Automatic Update di Vista
    Silahkan Anda pilih salah satu opsi yang ada anatar opsi 2, 3, dan 4 sesuai dengan selera Anda. Namun, seperti yang saya tulis pada cara menonaktifkan Automatic Update di Windows 7, saya memilih opsi yang ke-3 Check for update but let me choose whether to download and install them. Karena opsi ini memberikan informasi kepada saya tentang update dari Microsoft. Namun, saya bisa menentukan sendiri anatara mendownload dan melakukan update atau tidak melakukan update sama sekali. Apabila ada sebuah update terbaru, maka Windows Update akan memberikan notifikasi pada try icon dan bila jendela Windows Update terbuka akan terlihat, jumlah dan ukuran file update yang mesti di download dan di install.
  6. Di bawah opsi tadi, ada sebuah check box yang bertuliskan Include recommended updates when downloading, installing or notifying about updates. Opsi ini apabila Anda berikan tanda cek (rumput), maka Anda akan diberikan update yang direkomendasikan oleh microsoft. Opsi ini hanya berguna jika Anda memilih opsi 1, 2 atau 3 pada langkah ke-3 tadi.
  7. Recommended Updates Check Box
  8. Jika semua pengaturan sudah selesai, klik tombol OK yang ada dibawah jendela Windows Update ini untuk menyimpan pengaturan.
Semuanya telah selesai. Kini Windows Vista Anda tidak akan melakukan update secara otomatis (tergantung setting pada langkah ke-4). Jika Anda ingin mengaktifkan Automatic Update lagi. Lakukan langkah-langkah yang sama. Namun, pada langkah ke-3, pilih opsi Install update automatically (recommended).
Samapi disini tutorial cara menonaktifkan automatic update pada Windows Vista. Pada artikel berikutnya saya akan membahas cara mematikan automatic update pada Windows XP. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords