Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Memindahkan Folder My Documents pada Windows 7



Kemarin saya menerima email dari seorang pengunjung blog artikel komputer ini melalui form kontak. Isi emailnya seperti berikut:
Tolong, Bagaimana cara mengubah letak my documents / Mengubah Posisi Default My Documents pada windows 7, step by step krn saya masih pemula. krn beda caranya gak kaya win Xp.
Dari email yang disampaikan tersebut, saya bisa menyimpulkan bahwa pada intinya Sanji menanyakan cara memindahkan lokasi folder My Documents pada Windows 7. Jadi pada hari ini saya akan membahas langkah-langkah memindahkan lokasi My Documents pada Windows.
Cara memindahkan lokasi folder My Document pada Windows 7 saya rasa hampir sama dengan cara memindahkan lokasi My Documents pada Windows XP. Mungkin karena pada Windows 7 letak folder My Documents sedikit berbeda dengan Windows XP membuat beberapa pengguna agak bingung. Folder My Documents di Windows 7 agak dikaburkan dengan adanya folder Documents pada Libraries. Folder Documents dalam Libraries bukanlah folder My Documents seperti pada Windows XP. Folder Documents tersebut berisi subfolder lagi yaitu My Documents dan Public Documents. My Documents ini adalah folder private dari user sedangkan Public Documents adalah folder sharing seperti Shared Documents pada Windows XP. Jadi yang bisa dipindahkan lokasinya adalah folder My Documents, bukan folder Documents.
Untuk memindahkan lokasi folder My Documents pada Windows 7, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan yaitu sebagai berikut:
  1. Buka My Computer. Buatlah sebuah folder, yang akan Anda gunakan sebagi lokasi baru dari folder My Documents. Misalkan folder tersebut, saya buat di Drive E:, dengan nama Dokumen Saya.
  2. Buat Folder Baru
  3. Setelah selesai membuat folder baru, sekarang expand Libraries dengan meklik tanda panah di panel tree view Windows Explorer. Kemudian expand juga Documents. Pada folder Documents tersebut terdapat 2 buah subfolder yaitu My Documents dan Public Documents. Klik kanan folder My Documents dan pilih Properties.
  4. Konteks Menu My Documents
  5. Pada jendela properties, klik tab Location. Kemudian klik tombol Move untuk memindahkan lokasi folder My Documents.
  6. My Documents Properties
  7. Setelah itu akan muncul jendela Select Destination, pilih folder yang akan akan Anda jadikan folder My Documents Anda. Dalam contoh saya diatas tadi folder tersebut berada di drive E: dengan nama Dokumen Saya. Jadi bukalan drive E: dan pilih folder Dokumen Saya dengan sekali klik. Setelah itu, klik tombol Select Folder.
  8. Pilih Lokasi Baru My Documents
  9. Kemudian, kembali lagi ke jendela My Documents Properties. Klik tombol OK untuk menyimpan setting. dan sebuah pesan akan muncul, klik Yes pada pesan tersebut dan folder lokasi My Documents Anda akan mulai dipindahkan.
  10. Kotak Pesan Move
Kini lokasi folder My Documents telah pindah ke folder yang Anda inginkan. Namun, Anda masih tetap bisa membukanya melalui Start Menu » Documents ataupun melalui Windows Explorer yaitu pada folder Libraries » Documents » My Documents.
Sekian tips cara memindahkan folder My Documents pada Windows 7. Tutorial ini hampir mirip dengan cara memindahkan folder My Documents di Windows XP atau Vista. Mungkin sedikit berbeda pada path My Documents. Namun jika Anda membutuh tutorial untuk Windows XP atau Vista, silahkan ajukan melalui kotak komentar. Selamat mencoba dan semoga sukses!
Akhir kata, mohon dukungan untuk blog ini dalam mengkikuti kontes SEO Bisnis Online Rahasia Dahsyat Hidup Sukses dan Uang Melimpah. Agar bisa menjadi no. 1 di hasil pencarian Google.

http://www.mypc-spot.com

3 komentar:

  1. Wah mantapp gan, terima kasih dan maju terus blogging. :toast

    BalasHapus
  2. anonim : terima kasih.
    maju terus!

    BalasHapus

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords