Sabtu, 05 Februari 2011

Mengetahui Ukuran Folder dengan GetFolderSize



Anda kadang-kadang mungkin terkejut ketika mengetahui free space atau ruang hardisk kosong di komputer Anda tiba-tiba berkurang sangat drastis. Timbul keinginan untuk mengetahui folder manan yang paling banyak memakan ruang di hardisk. Sayangnya, Windows tidak menampilkan ukuran folder pada Windows Explorer. Akhirnya untuk mengetahui ukuran folder, Anda mungkin akan mengecek satu persatu ukuran folder dengan melihatnya melalui system properties. Coba banyangkan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan jika jumlah folder lebih dari 100? Cukup lama bukan? Nah, oleh sebab itu pada artikel komputer kali ini, saya ingin memberitahukan kalau ada cara gampang untuk mengetahui ukuran dari folder beserta subfoldernya. Untuk itu, kita membutuhkan bantuan sebuah software. Nama software itu adalah GetFolderSize.
GetFolderSize adalah sebuah freeware yang berfungsi untuk mengetahui ukuran atau size folder-folder (direktori) pada drive komputer. Software ini akan melakukan scan ke drive Anda untuk menentukan ukuran masing-masing folder. Tidak hanya folder utama, GetFolderSize juga bisa mengetahui ukuran dari subfolder (subdirektori) dari sebuah folder. Dengan software ini Anda akan lebih mudah mengetahui folder mana yang mengambil banyak ruang di hardisk komputer. Selain menampilkan ukuran folder, GetFolderSize juga memberikan infomasi mengenai jumlah subfolder dan jumlah file yang Anda pada sebuah folder.
GetFolderSize bisa digunakan untuk mengetahui ukuran folder pada hardisk, removable drive seperti flashdisk, CD atau DVD bahkan bisa digunakan untuk mengetahui ukuran folder pada folder yang disharing melalui jaringan. Jumlah folder yang bisa discan untuk mengetahui ukurannya tidak terbatas. Anda bisa melakukan scan ke seluruh folder yang Anda di komputer Anda. Walaupun jumlahnya ribuan.
Hasil dari scan GetFolderSize, bisa ditampilkan dalam ukuran byte, kilobyte, megabyte ataupun gigabyte. Anda juga bisa mencetak hasil dari scan tadi ke printer Anda. Selain mencetak ke printer, Anda juga bisa menyimpan laporan ukuran dari folder-folder di komputer Anda ke dalam sebuah file teks (.txt).
Bagaiman cara menggunakannya? Cara mengetahui ukuran folder dengan GetFolderSizetidaklah rumit. Anda tinggal memilih drive yang akan discan melalui dropdown box yang ada dibagian kiri atas jendela. Kemudian untuk melalui proses scanning, klik tombol Scan for Folder disebelah dropdown box tadi. Icon tombol scan ini mirip tombol Play.
cara mengetahui ukuran folder
Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses scan selesai untuk mengetahui ukuran folder dan subfoldernya. Hasil scan tadi akan ditampilkan pada dua sisi. Sis jendela sebelah kiri akan menampilkan ukuran folder dan subfolder. Sedangkan yang kanan akan menampilkan file-file yang ada pada drive atau folder yang Anda pilih di sisi kiri tadi.
Hasil Scan GetFolderSize
Bagaimana? Sudahkan Anda mengetahui folder mana yang paling banyak memakan space (ruang) dihardis Anda? Kalau belum, silahkan di cek dengan GetFolderSize. Link download GetFolderSize bisa di temukan di akhir artikel. Semoga dengan software ini, Anda bisa mengetahui ukuran folder di drive komputer dengan mudah. GetFolderSize bisa berjalan di hampir semua versi Windows. Baik Windows XP, Vista maupun Windows 7. GetFolderSize jug atersedia dalam versi portable lho. Anda tinggal memilih yang mana mau di download. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

http://www.mypc-spot.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords