Sabtu, 05 Februari 2011

Membuat Logo Animasi GIF Sederhana


Animasi gif sering digunakan untuk aplikasi web, baik untuk banner, Avatar atau hanya untuk mempercantik website. Langkah-langkah yang akan kita lakukan dibawah ini adalah contoh sederhana dalam membuat animasi gif.
Disini kami menggunakan aplikasi 3Ds Max dan Adobe ImageReady. Cukup mudah cara membuatnya.
Langkah-langkahnya :
1. Buka Aplikasi 3Ds Max > setelah terbuka, pertama – tama buat animasi text. Caranya pilih tool Created>Shapes>Text, kemudian tulis teks yang diinginkan. Disini kami akan memisahkan teks menjadi 2 karena akan membuat setiap huruf berbeda warna. Misalnya tulisan Komputek dipisah menjadi “Kompu” dan “tek” Setelah itu letakkan teks tersebut pada viewport front (gb 1).
mg1
gambar 1
2. Pertebal teks dedngan cara : seleksi teks > klik Modify>Modifer list>shell (gb 2). Agar teks menyatu > klik Group>group.
mg2
gambar 2
3. Atur tampilan teks sesuai keinginan, kemudian buat kotak dengan ukuran L=45, W=120, H=3 dengan warna putih sebagai latar (background). (gb 3).
mg3
gambar 3
4. Agar animasi teks dapat berputar dan terbaca bolak-balik > kopi teks dan letakkan dibelakangnya.
5. Setelah itu animasikan object kurang lebih 20 frame atau sesuai keinginan anda. Render object (F10). Atur ukurannya, kurang lebih 200X 200 pixel (gb 4) . Jangan terlalu besar karena akan susah dibuka oleh program browser. Kemudian simpan filenya dalam bentuk jpg sequense.
mg4
gambar 4
6. Setelah proses render selesai. Buka adobe ImageReady.
7. Setelah ImageReady terbuka > pilih Import folder as Frame. Pilih folder tempat menyimpan hasil renderan tadi.
mg5
Gambar 5
8. Setelah terbuka, anda bisa melihat animasinya dengan menekan tombol play di animation panel (gb 5). Jika hasilnya sudah bagus, simpan dengan cara save as optimized as. beri nama dengan ektensi *.gif kemudian save.
Afrida / komputekonline.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords