Selasa, 24 Januari 2012

Taman Safari Simpan Sperma Harimau Sumatera






Seekor Harimau Sumatera mati mengenaskan di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sekujur tubuhnya berlumuran darah yang mengalir dari sejumlah luka yang dia derita.


Si belang bernama Rajo tersebut usianya diperkirakan lima tahun. Harimau jantan ini ditemukan oleh petugas konservasi hutan lindung Lebong, Mangkurajo, Bengkulu, awal pekan lalu.


Rajo ditemukan dengan kondisi memprihatinkan, terjerat jebakan para pemburu di tengah hutan. Kaki kirinya terjerat oleh kawat baja, di tubuhnya banyak sekali ditemukan luka akibat tombak dan hajaran peluru dari senapan angin.


Harimau itu tiba di Taman Safari Indonesia pada Kamis 12 Januari 2012 untuk menjalani perawatan. Petugas Taman Safari, Retno Sudarwati menggambarkan betapa menderitanya harimau langka itu saat tiba di Cisarua. Retno mengatakan Rajo menderita luka sangat serius, kaki kiri depanya hampir putus dan terkoyak parah. Tulang kakinya sampai terlihat.


Menurut Retno, luka akibat tombak dan peluru senapan menyebabkan tubuh harimau malang ini mengalami infeksi. Mata kirinya buta dan mata sebelah kanan pun terlihat sudah rusak. "Setelah tim dokter melakukan perawatan lebih dari 48 jam, akhirnya harimau itu mati pada Sabtu 14 Januari 2012," kata Retno kepada VIVAnews.com, Selasa 17 Januari 2012.


Meski tak berhasil menyelamatkan nyawa Rajo, tim dokter yang merawat bergerak cepat mengumpulkan spermanya. Tim dokter ingin menggunakan sperma Rajo untuk proses kawin suntik alias inseminasi. "Nanti akan disuntikan dengan binatang lain, sehingga akan menjadi embrio baru," ujar Direktur Taman Safari, Frans Manansang.

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords