Selasa, 24 Januari 2012

Seperempat Pengguna Internet Membajak Musik




Meski popularitas dan ketersediaan layanan legal musik digital, seperti Spotify dan iTunes mengalami pertumbuhan, pembajakan masih marak terjadi. Mengutip laman the Telegraph, 28 persen pengguna internet global menggunakan situs musik bajakan setiap bulan.

Laporan ini berdasarkan data dari International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), atau Federasi Industri Rekaman. IFPI melaporkan banyaknya orang yang masih mengakses musik secara ilegal sebagai, “investasi yang membahayakan dalam (industri) musik” dan mendorong agar “mengembangkan pasar untuk menyediakan layanan musik yang legal”.

Laporan itu mengutip hukum anti pembajakan pemerintah Perancis, yaitu hukum 'Hadopi'. Dengan menutup sejumlah situs file sharingmenggunakam hukum ini, maka dinilai akan meningkatkan penjualan musik dengan layanan legal seperti iTunes atau Spotify.

Sistem yang sama juga telah diperkenalkan oleh pemerintah Inggris, dengan menggunakan Digital Economy Act tahun lalu. Namun, aksi tersebut belum dipraktekkan.

Laporan ini juga menemukan, bahwa meski popularitas pengunduhan ilegal berlanjut, 32 persen dari rekor pendapatan label global datang dari penjualan digital, yang merupakan tertinggi dalam sejarah industri musik. Selanjutnya, pendapatan musik digital naik 8 persen mencapai US$5,2 milyar.

“Saat memasuki tahun 2012, ada alasan yang bagus untuk optimis dalam dunia musik digital. Layanan legal dengan perluasan audiens telah melintasi dunia dan pilihan konsumen yang telah direvolusi. Sementara momentum ini membangun peperangan terhadap pembajakan seperti pemerintahan dan sebuah lingkaran pertumbuhan dari perantara dengan industri,” ujar CEO IFTI, Frances Moore.

Namun, IFTI meminta industri rekaman tidak merasa cepat puas dengan tingginya penjualan di industri musik digital ini. Karena itu, 2012 pun diharap bisa menjadi momentum keberlanjutan sukses industri musik digital.

"Kita butuh legislasi dari pemerintah dengan langkah yang terkoordinasi berkaitan dengan pembajakan secara efektif dalam semua bentuk. Kita juga membutuhkan kerjasama yang lebih dari  perantara online seperti mesin pencari dan periklanan untuk mendukung undang-undang bisnis musik digital,” ucap Moore.

Menurut data IFPI, single Bruno Mars, "Just the Way You Are" merupakan single penjualan tertinggi pada 2011, yang terjual lebih dari 12,5 juta kopi. Sedangkan secara umum, penjualan single digital di Inggris, naik 10 persen pada tahun ini. (eh)
• VIVAnews <

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords