Jumat, 04 Maret 2011

WOW! Ilmuwan Jepang Ciptakan Ikan Mas Tembus Pandang


TOKYO- Ingin mempelajari struktur tubuh makhluk hidup, tentu mengharuskan Anda membedahnya terlebih dahulu untuk melihat organ tubuh bagian dalam.
Tapi tentu dengan membedahnya tersebut membuat makhluk hidup yang Anda teliti harus mati karena tersayat-sayat oleh pisau bedah. Adakah cara lain untuk menelitinya?
Mungkin ini adalah awal yang baik untuk para peneliti yang ingin mempelajari struktur tubuh ikan mas.
Tak perlu membedahnya tapi Anda cukup memperhatikannya saja karena setiap organ tubuh bagian dalamnya akan terlihat.
Para peneliti Jepang memang tidak pernah habis akan ide-ide brilian.

Setelah sebelumnya mengembangbiakkan katak transparan, kini peneliti Jepang berhasil mengembangbiakkan ikan mas tembus pandang.

Dengan mata telanjang, orang awan bisa melihat langsung jantung ikan mas yang sedang berdetak beserta organ-organ lainnya.

Hewan tembus pandang ini dikembangkan sebagai upaya untuk mengurangi kebutuhan pembedahan dalam tiap kelas-kelas biologi di sekolah.
Sebelumnya praktek pembedahan hewan dalam kelas biologi memang mengundang kontroversi dari banyak kalangan di Jepang.

Hasil penelitian tim gabungan Universitas Mie dan Universitas Nagoya tersebut menghasilkan ikan mas yang disebut dengan 'ryukin'.

Spesies ini dikembangkan dari perkawinan ikan mas yang pada saat penetasannya tidak sempurna dengan Ikan Mas berwarna pucat.

"Anda bisa melihat secara langsung jantung dan organ lain dari ikan tersebut, karena sisik dan kulit tidak memiliki pigmen," ucap Profesor Yutaka Tamaru seperti diberitakan AFP.

"Memiliki warna pucat adalah merugikan untuk ikan mas dalam aquarium tapi ada baiknya untuk melihat bagaimana organ-organ tubuh tersebut berjalan dalam bentuk tiga dimensi. Seperti melihat ikan mas ini tumbuh besar, Anda dapat melihatnya sepanjang hidupnya."

Ikan tembus pandang ini nanti bisa hidup selama 20 tahun, sementara panjangnya dapat bertambah hingga 25 Centimeter serta berat mencapai dua Kilogram.

Pada 2007 lalu sekelompok peneliti mengumumkan berhasil mengembangkan katak tembus pandang.

Masayuki Sumida seorang Profesor dari Institut Biologi Amphibi Universitas Hiroshima, memperkirakan katak transparan ini akan beredar luas di laboratorium serta sekolah di Jepang tahun depan.

Harga hewan-hewan unik nantinya berkiras 10.000 Yen atau sekira Rp1 juta (Rp102,658 per Yen). Cukup mahal untuk sebuah ikan hias.

http://www.suaramedia.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords