Jumat, 04 Maret 2011

Ikan Nenek Moyang Manusia?

CHICAGO - Hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, 17 Mei 2010 lalu menguak fakta mengejutkan soal asal-usul manusia.

Studi terbaru menyebutkan manusia harus 'berterimakasih' pada nenek moyangnya, ikan prasejarah, yang membuka jalan evolusi manusia.

Dijelaskan, sekitar 360 juta tahun lalu, terjadi peristiwa kepunahan massal hingga memutar ulang kehidupan di Bumi.
Peristiwa itu melontarkan vertebrata -- mahluk bertulang belakang-- dari air ke tanah, termasuk ikan-ikan purba. Spesies yang beruntung selamat dari tahapan ini menjadi pioner menuju tahapan evolusi vertebrata modern.

"Peristiwa itu berakibat pada semua mahluk hidup, kemusnahan terjadi secara global," kata pimpinan riset, Lauren Sallan dari Universitas Chicago, seperti diberitakan laman Live Science, 20 Mei 2010.  

"Ini memutar ulang keanekaragaman hayati vertebrata di semua lingkungan tanpa kecuali, baik di air tawar maupun lautan --  menciptakan dunia yang sama sekali berbeda."

Kepunahan terjadi di masa-masa menuju berakhirnya Zaman Ikan, atau yang dikenal dengan Periode Devonian,  416 hingga 359 juta tahun lalu.
Ikan purba bercangkang yang disebut placoderma dan ikan bersirip cuping (lobe-finned fishes) dari jaman prasejarah -- yang mirip ikan lungfish modern -- mendominasi biota air.

Sementara, ikan yang siripnya bersinar (ray-finned fishes), hiu, dan tetrapoda, hewan vertebrata yang memiliki empat kaki, jadi minoritas.

Namun, di antara Periode Devonian yang diikuti Periode Carboniferous, placoderma punah, pupulasi ikan yang siripnya bersinar menggantikan dominasi  ikan bersirip cuping -- pergeseran demografik ini berlanjut hingga hari ini.  "Ada semacam insiden di akhir masa Devonian," kata anggota peneliti, Michaels Coates dari Universitas Chicago.

"Sesuatu terjadi yang nyaris menyapu bersih segalanya, dan yang selamat melewatinya menciptakan sesuatu yang spektakuler."

Para peneliti menganalisa fosil vertebrata yang menunjukan perubahan penting dalam keanekaragaman hayati terkait dengan kepunahan Hangenberg.

Hangenberg terjadi 15 juta tahun setelah kepunahan terjadi -- atau di akhir masa Devonian Kellwaser, yang dianggap satu dari lima kepunahan terbesar dalam sejarah Bumi. Ilmuwan menyimpulkan bahwa peristiwa itu bertanggung jawab melontarkan hewan-hewan laut ke tanah.

Sebelum masa punah, ikan seperti Tiktaalik dan mahluk tetrapoda purba seperti Ichthyostega membuat langkah pertama eksistensi mereka di darat.

Namun, setelah masa kepunahan itu, sebuat fosil panjang yang dikenal sebagai 'Romer's Gap' menyapu habis tetrapoda , sebuah teka teki yang memusingkan para palaeontogis selama bertahun-tahun.

Gap selama 15 juta tahun adalah periode 'mabuk' setelah peristiwa traumatik, Hangenberg. Ketika akhirnya tetrapoda yang pulih, mereka yang selamat diduga menjadi nenek moyang mayoritas mahluk vertebrata yang ada saat ini, termasuk manusia.

Bahkan Majalah ilmiah terkemuka, Nature, sebelumnya pernah memberitakan telah diselesaikannya proyek pembacaan genom (Genome Sequencing Project) dari ikan lanset (B. Inggris: lancelet / amphioxus, Latin: Branchiostoma sp.).

Proyek pembacaan genom ini adalah suatu kegiatan lintas-negara yang merupakan suatu kerjasama antara tim-tim peneliti dari Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Swiss, dan Spanyol, yang menyebutkan bahwa ikan Lanset adalah nenek moyang makhluk vertebrata modern yang termasuk didalamnya adalah kita sebagai manusia dimasa kini. 

http://www.suaramedia.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords