Jumat, 04 Maret 2011

Ciptakan Makhluk Hidup, Ilmuwan AS Dituding Permainkan Tuhan


Ahli biologi, Craig Venter, yang telah berhasil membuat 'sel sintetik' pertama di dunia berupa bakteri yang disebut Mycoplasma mycoides. (Foto: google)
Ahli biologi, Craig Venter, yang telah berhasil membuat 'sel sintetik' pertama di dunia berupa bakteri yang disebut Mycoplasma mycoides. (Foto: google)
WASHINGTON - Terobosan baru ilmiah dilakukan ahli biologi berkewarganegaraan Amerika Serikat.
Craig Venter berhasil menciptakan "kehidupan tiruan" untuk kali pertama di laboratoriumnya. Meski begitu, sang ilmuwan dalam penjelasannya Jumat 21 Mei kemarin, menyangkal bahwa dirinya mempermainkan Tuhan dengan karyanya itu.

Beberapa orang tampil untuk mempertanyakan motivasi para ilmuwan. Satu kelompok mendukung atas nama pengetahuan. Komunitas lain justru sudah tidak sabar ingin melihat hasilnya. Sementara sejumlah peneliti menyebut rencana ini sebagai "salah satu proyek paling mutakhir sepanjang sejarah pengetahuan".Itu hanya segelintir pandangan dan respons.

Tentu masih ada beberapa orang atau kelompok yang memilih pro atau kontra disertai pertimbangan tertentu. Ketika orang-orang bereaksi dan berdebat, kelompok ilmuwan pimpinan ahli biologi molekuler Craig Venter justru terus melaju. Mereka tetap pada rencana semula.

Craig Venter, pelopor genom Amerika Serikat mengumumkan bahwa para ilmuwan di laboratorium di Maryland dan California telah berhasil dalam proyek 15 tahun untuk membuat "sel sintetik" pertama di dunia berupa bakteri yang disebut Mycoplasma mycoides.
Dia mengembuskan nyawa ke tubuh bakteri menggunakan gen yang disatukan melalui proses di laboratorium dalam sebuah konsep pengembangan dengan tujuan utama membuat organisme material genetik. Termasuk di dalamnya, pembuatan organisme tiruan yang didesain untuk tugas-tugas khusus seperti membuat vaksin atau membersihkan polusi.

Bakteri sintetis memiliki 14 " urutan tanda " yang melekat pada genom mereka – di mana DNA membedakan mereka dari rekan-rekan yang alami. Mereka bertingkah dan berbagi dalam cawan laboratorium seperti bakteri alami.
M mycoides dipilih sebagai mikroba sederhana untuk mengembangkan dan membuktikan teknologi serta tidak memiliki aplikasi langsung.
Tetapi ilmuwan di J Craig Venter Institute dan Synthetic Genomics perusahaan pemberi dana penelitian mereka berniat untuk bergerak cepat ke target yang lebih berguna yang mungkin tidak ada di alam.
Mereka sangat tertarik dalam merancang alga yang dapat menangkap karbon dioksida dari udara dan menghasilkan bahan bakar hidrokarbon.
Tapi beberapa ahli melihat adanya potensi bahaya dalam temuan tersebut. Misalnya, nyawa sintetik bisa disalahgunakan untuk membuat senjata biologis.

Berbicara dalam program BBC2 News Night, Venter membantah tuduhan bahwa dirinya telah mempermainkan Tuhan.

"Tuduhan itu selalu muncul setiap kali muncul terobosan baru di dunia medis atau ilmu pengetahuan yang terkait dengan biologi. (Penelitian) ini mempunyai tujuan kemanusiaan untuk mengontrol sifat alam. Itu sama seperti bagaimana kita menjinakkan hewan," katanya.

"Kami telah melewati batas psikologis kritis, Ini telah mengubah pemikiran saya sendiri, baik secara ilmiah dan filosofis, tentang kehidupan dan bagaimana cara kerjanya." tegasnya.

"Ini adalah tingkat lebih tinggi dari pemahaman kita. Ini adalah tahap di mana kita bisa mulai memahami bagaimana kehidupan itu bekerja dan mungkin juga bagaimana kita bisa mengontrol sistem mikrobiologi untuk kepentingan kemanusiaan," tambahnya seperti diberitakan Telegraph.

Saat ditanya bahwa teknik baru tersebut bisa dibeli oleh pemilik modal besar, Venter menjawab bahwa teknologi tidak untuk diperjualbelikan. "Kami berupaya mengembangkan teknologi ini untuk memajukan bidang perlindungan vaksin. Kami akan menggunakannya untuk mengembangkan pemahaman dasar dari kehidupan sel," jelasnya.

Venter juga menyangkal kekhawatiran sejumlah pihak bahwa teknologi itu akan digunakan sebagai bio terorisme. "Sebagian orang sepakat bahwa ada potensi yang berkembang, bahwa teknologi bisa digunakan untuk kekerasan. Tapi ada juga yang meyakini jika pengembangan ini sangat berpotensi untuk membantu kehidupan manusia," paparnya. 

http://www.suaramedia.com

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords