Jumat, 27 Januari 2012

XL Bakal Bagi Dividen Lebih Tinggi




Tahun ini, kabar baik siap menyambut para pemegang saham PT XL Axiata Tbk (EXCL). Perusahaan telekomunikasi swasta ini rencananya akan mengusulkan pemberian dividen lebih tinggi dengan persentase mencapai 35 persen.

"Dengan adanya hasil yang positif di 2011, kami dengan senang hati mengumumkan pengajuan rasio pembayaran dividen yang lebih tinggi, yaitu sebesar 35 persen dari laba bersih yang dinormalisasi di 2011," kata Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Jumat, 27 Januari 2012.

Hasnul mengungkapkan, pengajuan pemberian dividen itu akan dibayarkan pada 2012 setelah melalui persetujuan para pemegang saham pada rapat umum pemegang saham (RUPS) mendatang.

Sepanjang 2011, XL melaporkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) meningkat sebesar 1 persen atau senilai Rp9,3 triliun. Dengan marjin sebesar 49 persen, XL menangguk laba bersih tahun lalu sebesar Rp2,8 triliun.

Dari sisi pendapatan, XL mencatat kenaikan sebesar 7 persen menjadi Rp18,92 triliun. Pendapatan itu terutama didorong oleh pertumbuhan layanan data sebesar 61 persen. Sementara itu, pendapatan layanan value added service (VAS) diketahui turun 75 persen di kuartal IV-2011.

Penurunan VAS ini terutama diakibatkan terbitnya surat edaran atau instruksi pemerintah melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengenai layanan Jasa Pesan Premium.

Untuk pelayanan percakapan selama 2011, XL mencatat pertumbuhan sebesar 4 persen pada kuartal IV-2011 dibandingkan periode sama setahun sebelumnya.

"Pengguna layanan data sekarang telah melebihi setengah dari total pelanggan kami, sedangkan trafik layanan data telah naik tiga kali lipat,” kata Hasnul.

Pengguna layanan data sekarang sebanyak 25,5 juta. Sekitar 55 persen dari total pelanggan XL dan trafik penggunaan data telah tumbuh cepat sebesar 295 persen dari 2,7 Petabyte tahun 2010 menjadi 10,6 Petabyte pada 2011.


• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords