Minggu, 06 Maret 2011

Mimpi dan masa depan

Pemikiran bahwa mimpi pada umumnya berhubungan dengan masa depan, yang bentuknya telah diketahui – suatu peninggalan dari arti yang berasal dari ramalan—sekarang menjadi alasan untuk menerjemahkannya menjadi arti mimpi untuk masa depan yang ditemukan melalui penerjemahan simbol.

Untuk menunjukkan sikap ketika seseorang mengalami penerjemahan simbol tentu saja tidak bisa diberikan. Sukses tetap menjadi dugaan sementara, dari intuisi langsung, dan untuk alasan inilah penerjemahan mimpi diangkat menjadi suatu seni yang tergantung pada bakat yang luar biasa. Metode kedua dalam penerjemahan mimpi menabaikan keseluruhan pernyataan tersebut.
Metode ini disebut ‘metode sandi rahasia’, karena metode ini menganggap mimpi merupakan kode rahasia dimana setiap tanda-tanda diterjemahkan menjadi sesuatu arti yang cukup dikenal, tergantung dari apa yang ada di mimpi. Contohnya, saya bermimpi tentang surat, dan juga pemakaman atau sejenisnya; saya mencari jawabannya pada ‘buku mimpi’, dan saya menemukan bahwa ‘surat’ diartikan sebagai ‘kekesalan’ dan ‘pemakaman’ diartikan sebagai pertunangan’. Setelah itu saya mulai menghubungkan arti ttersebut, yang tentu saja akan menyinggung ke masa depan, dengan kata-kata hampa yang saya uraikan.
Prosedur sandi rahasia inyang menaris dan berbeda dibahas dalam tulisan tentang penerjemahan mimpi oleh Artemidoros pf Daldis. Ini bukan hanya tentang isi mimpi, tetapi juga tentang personaliti dan status sosial dari pemimpi tersebut menjadi pertimbangan kusus, sehingga isi mimpi yang sama mempunyai arti yang berbeda untuk seorng yang kaya, orang yang sudah meikah, atau orang yang berpidato, dan berbeda juga dengan yang diterapkan pada seorang yang miskin, seorang bujangan, atau seorang penjual.
Poin pentingnya dalam proosedur ini kemudian adalah bahwa penerjemahan tidak digunakan pada keseluruhan mimpi, melainkan secara terpisah-pisah, seolah-olah mimpi adalah seorang konglomerat dimana tiap-tiap bagiannya membutuhkan perlakuan spesial. Mimpi yang tidak selaras dan membingungkan adalah salah satu penyebab ditemukannya metode sandi rahasia ini.
Kerugian dari dua metode penerjemahan yang terkenal ini tidak akan dibahas. Mengenai pengobatan ilmiah dari masalah ini, metode simbol sangat terbatas dalam penerapannya, dan sulit jika harus dijelaskan secra terperinci. Pada metode sandi rahasia semuanya tergantung pada apakah ‘kunci’, buku mimpi, tersebut dapat dipercaya atau tidak, dan tidak menjamin kebenarannya. Dalam hal ini seseorang mungkin akan terpaksa mengakui pernyataan dari para filsuf dan psikiatri, dan mengabaikan masalah penerjemahan mimpi sebagai sesuatu yang aneh.5
Namun, saya mempunyai pikiran yang berbeda. Saya harus menerima bahwa disini, sekali lagi, kami berhadapan dengan masalah yang seringkali sama dimana kepercayaan yang ada pada masa lalu lebih mengena pada masalah daripada pendapat dari ilmu yang ada saat ini. Saya harus menegaskan bahwa mimpi memang mempunyai suatu arti, dan bahwa metode ilmiah penerjemahan mimpi sangat mungkin dilakukan. Saya memahami metode ini dengan cara berpikir seperti itu.


http://artimimpi.net

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords