Jumat, 11 Maret 2011

Tinkerbox: Belajar Teknik Rekayasa di iPad

Bagi sebagian siswa, pelajaran berbau hitungan mungkin menakutkan. Matematika, fisika, atau kimia?
Apalagi bila ditambah cara mengajar guru yang terkesan "saklek", tentu bisa menambah keengganan siswa untuk mempelajari ilmu eksakta.
Hal ini diperkuat dengan hasil survei yang diadakan Autodesk pada bulan November 2010 lalu.
Saat itu, perusahaan software untuk desain 3D ini melakukan survei kepada 1.000 remaja Amerika yang berusia antara 12 sampai 17 tahun. Survei dilakukan untuk mengetahui sikap mereka terhadap mata pelajaran akademik yang merupakan dasar untuk karir di bidang teknik. Menurut mereka, teknik rekayasa dan matematika relatif lebih sulit dibandingkan mata pelajaran lain.
Kini, di saat teknologi sudah maju demikian pesatnya, terbuka alternatif belajar yang lebih atraktif, pun menyenangkan bagi siswa. TinkerBox, demikian aplikasi ini dinamai akan menggiring pemain untuk menciptakan sendiri serunya menciptakan suatu penemuan. Dengan demikian, kepercayaan diri siswa akan prestasinya di bidang teknik rekayasa pun ikut meningkat.
Untuk memecahkan sejumlah teka-teki mekanika misalnya. Siswa akan ditantang dengan permasalahan fisika yang disajikan di Autodesk TinkerBox. Pemain dapat menyisipkan gadget, merakit komponen sekaligus menguji penemuan mereka. Diharapkan dengan adanya tantangan tersebut, siswa akan terpacu untuk menciptakan lebih banyak penemuan yang semakin rumit.
Adanya Mode Invent pada permainan ini juga memungkinkan pemain untuk merancang gadget mereka sendiri dan membagikannya kepada teman-teman. Melalui aplikasi Autodesk TinkerBox ini pula, siswa dapat ditunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa mekanik dapat menjadi pelajaran yang menyenangkan. Permainan ini juga membantu mematahkan pendapat bahwa ilmu pengetahuan dan teknik rekayasa adalah pelajaran yang terlalu sulit.
Selain TinkerBox, Autodesk juga menyediakan akses gratis ke desain 3D yang menonjol di industri ini, software teknik relayasa dan hiburan serta kurikulum yang menyertainya melalui Autodesk Education Community sebagai bagian dari komitmennya untuk mengedukasi generasi perancang masa depan. Saat ini Autodesk TinkerBox tersedia gratis di App Store atau di www.itunes.com/appstore


http://www.infokomputer.com/

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords