Jumat, 11 Maret 2011

Penjualan Dell Streak Lesu



Dell Streak atau Dell Mini 5 (GSM Arena)

Era tablet PC telah dimulai sejak awal tahun 2010, tepatnya di mana Apple merilis iPad di akhir bulan Januari. Namun, sejumlah analis memperkirakan maraknya tablet PC justru baru akan terasa di tahun ini, terutama di negara-negara berkembang.

Malang bagi Dell. Sepanjang tahun lalu, penjualan Dell Streak lesu. Menurut penuturan Willy Hendrajudo, manager marketing Dell Indonesia, penjualan Streak di Indonesia tidak sampai tonggak 10.000 unit. “Bahkan sampai bulan Januari 2011, penjualannya hanya sampai empat digit, belum menyentuh 10.000 unit,” ucapnya di Jakarta, 11 Maret 2011.

Sekadar diketahui, Samsung Galaxy Tab mencatat tonggak penjualan hingga 600.000 unit dalam kurun waktu dua bulan sejak peluncuran. Sementara Apple iPad jauh di depannya, sekitar tiga juta unit dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan.

“Jika dibandingkan Samsung Galaxy Tab, memang Streak masih kalah. Namun produk ini kami anggap sebagai pilot project,” kata Willy. “Streak muncul sebagai tanda bahwa Dell juga turut bermain di segmen smartphone dan komputer tablet,” ucapnya.

Nasib Dell yang malang tak berhenti di situ. Lemahnya daya serap pasar terhadapnya, membuat harga Streak terus menurun. Ketika dirilis, ia dibanderol cukup tinggi sekitar Rp6 juta. Tetapi, hari ini harganya berkisar di angka Rp4,9 juta, banderol harga yang ditawarkan Dell selama pameran Mega Bazaar Computer 2011.

Sebagaimana diketahui, Dell Streak merupakan smartphone berlayar besar dengan resolusi 480x800 piksel. Ponsel pintar tablet ini hadir dengan dimensi 15,2 x 7,9 x 1 cm dan bobot agak berat, yakni 220 gram. Namun, layar TFT capacitive besar berukuran 5 inci yang dilengkapi fungsi multi touch dan sensor accelerometer pada UI (user interface)-nya membuatnya sulit untuk dikategorikan sebagai smartphone atau tablet PC.

Dell Streak juga menyematkan kamera 5 MP (2592 x 1944 piksel) yang dilengkapi dengan fitur autofocus dan dual flash LED untuk memancarkan cahaya yang lebih terang. Selain itu, produk ini telah dibenamkan OS Android v1.6 (Cupcake) yang bisa di-upgrade menjadi v2.2 (Froyo) dan prosesor Quacomm Snapdragon QSD8250 1GHz.

Untuk konektivitas, selain GPRS (32-48 kbps) dan EDGE, Dell Streak juga mendukung akses data HSDPA 7,2 Mbps / HSUPA 5,76 Mbps, plus Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth 2.1, dan mini USB 2.0.

Meski tablet generasi pertamanya kurang laris, Dell tidak patah arang. Dalam waktu dekat, perusahaan komputer yang berkantor pusat di Texas-AS itu akan mengeluarkan tablet PC berukuran layar 7-inci dengan sistem operasi Google Android versi 3.0 (Honeycomb).

Selain itu, Willy menuturkan, Dell juga berencana untuk merilis dua unit smartphone, masing-masing dilengkapi OS Windows Phone 7 dan OS Android 2.3 (Gingerbread).

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords