Selasa, 15 Maret 2011

Operator Gratiskan Telepon & SMS ke Jepang



Tsunami hantam Jepang (AP Photo/ Kyodo News)

Situasi di Jepang berangsur pulih. Namun, gempa bumi berkekuatan 9 skala Richter pada Jumat lalu meninggalkan dampak yang cukup parah. Masih banyak yang perlu dibenahi Negeri Matahari Terbit ini setelah dihantam gempa yang disusul gelombang Tsunami.

Diperkirakan belasan ribu orang tewas dalam bencana dasyat ini. Bagi yang selamat, nelangsa karena bencana belum juga usai. Akses listrik, air bersih, pakaian, dan makanan masih terhambat. Kondisi ini memperparah keadaan korban selamat.

Untuk mempermudah telekomunikasi dari dan ke Jepang, sejumlah operator di AS memulai inisiatif untuk menggratiskan layanan telekomunikasinya, termasuk telepon dan SMS.

AT&T, operator terbesar di AS dengan 95,5 juta pelanggan, menggelar program gratis ini hingga 31 Maret nanti. Selain itu, telepon kabel dengan durasi kurang dari 60 menit dari AS ke Jepang akan gratis hingga tenggat waktu yang sama.

Langkah serupa kemudian diikuti Verizon Wireless. Panggilan ke Jepang dari ponsel, telepon kabel, serta SMS tidak akan memakan biaya. Begitu pun Sprint. Operator berjumlah pelanggan 49,9 juta ini menggratiskan telepon dan SMS ke Jepang hingga 10 April mendatang.

Program tanggung jawab sosial korporat oleh sejumlah operator AS tidak berhenti di sini. Bagi yang ingin memberikan donasi kepada para korban, pelanggan AT&T dapat mengirim SMS dengan format "redcross" dan dikirim ke 90999.

Tiap SMS akan mendonasi US$10 ke Red Cross untuk distribusikan langsung ke korban. Verizon Wireless dan Sprint belum memberikan update untuk proram SMS donasi mereka.

Sejumlah selebriti AS pun turut mempromosikan program ini melalui akun Twitter mereka. Salah satunya Kate Perry. Melalui akun Twitter-nya, Istri Russell Brand ini menyerukan, "Remember as you go about your day please #prayforjapan & if you are able, text REDCROSS to 90999 to donate $10 to Japan's emergency relief."

Rapper P. Diddy pun gencar berkampanye hal serupa. Dia meminta kepada penggemarnya untuk terus mengirimkan SMS donasi. "EVERYONE KEEP TEXTING!! The quake & tsunami victims in Japan NEED US!!!" tweet dia.

Sampai saat ini, AT&T belum memberikan update terkait jumlah donasi yang sudah terkumpul melalui SMS donasinya.

Sayang, operator-operator lokal di Indonesia tidak mengikuti jejak di AS. Selain tidak memberikan telepon dan SMS gratis, sejumlah operator seperti Telkomsel, XL, Axis, dan Tri, juga tidak membuka layanan SMS donasi.

Namun, di Indonesia, kerja sama Palang Merah Indonesia dan Jepang membuka posko bantuan melalui bank. Jika ingin membantu korban bencana, Anda dapat mengirim dana bantuan melalui rekening:

Nomor: 070-00-0480433-7Atas nama: Palang Merah Indonesia-Jepang 

Program bantuan ini digelar atas, "kerja sama antara Palang Merah Indonesia dan Jepang," kata Atase Pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Seiko Namba saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 15 Maret 2011.

Untuk informasi lebih rinci, silakan menghubungi:
Divisi Sumber Daya dan Kerja Sama PMI Indonesia
Jalan Gatot Subroto Kav 96
Jakarta 12790
Telepon: 021-799 5188.

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords