Rabu, 01 Februari 2012

Geser HP, Apple Jadi Produsen PC Terbesar




Apple berhasil menggeser produsen tradisional dengan selisih yang cukup besar dalam penjualan komputer. Menurut lembaga riset Canalys, peningkatan penjualan perusahaan besutan Steve Jobs tersebut akibat kuatnya penjualan tablet komputer mereka, iPad.

Dalam kuartal keempat 2011, Apple berhasil meraih predikat produsen komputer terbesar akibat menjual 15 juta unit iPad dan 5 juta unit Mac. Total penjualan Apple itu mewakili 17 persen dari 120 juta komputer yang terjual di seluruh dunia, pada kuartal tersebut.

Hewlett-Packard yang selama ini merupakan produsen komputer terbesar kini harus puas berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 12,7 persen.

“Kita tengah mengalami peralihan terbesar yang pernah dialami oleh industri PC selama 20 tahun terakhir,” kata Steve Brazier, Chief Executive Officer Canalys, dikutip dari Cnet, 31 Januari 2011. “Sangatlah sulit menumbuhkan pasar komputer tradisional jika seluruh pertumbuhan pasar datang dari perangkat seperti iPad,” ucapnya.

Sebagai contoh, kata Brazier, dalam kategori notebook, yang beberapa tahun sebelum ini merupakan pasar yang paling bergairah, kini telah dibungkam oleh komputer tablet. Netbook ringkas berukuran 10 inci yang menjalankan Windows kurang dilirik dibanding tablet PC. “Dan ini menjadi masalah besar bagi HP,” ucapnya.

Kejutan lain, kata Brazier, adalah munculnya pemain-pemain seperti Amazon yang telah berubah menjadi raksasa di industri personal computer.

“Dalam 5 tahun ke depan, atau bahkan kurang, perusahaan seperti Amazon bisa jadi lebih besar dibandingkan dengan 5 perusahaan di industri komputer saat ini,” kata Brazier. “Itu merupakan peralihan fundamental dan produsen komputer saat ini yang membantah fenomena tersebut sebenarnya berada dalam bahaya,” ucapnya.

Sayangnya, perubahan itu kini sedang terjadi. Dalam kuartal terakhir, Amazon telah menjual lebih dari 5 juta unit tablet komputer Kindle Fire. Jika angkanya digabung dengan perangkat Kindle lain, total penjualan Amazon bisa menyaingi penjualan produsen komputer utama dunia.

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords