Jumat, 18 Maret 2011

Perbedaan kartun Jepang & kartun Amerika

Secara garis besar, acara kartun yang beredar di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu kartun Amerika (didominasi oleh Nickelodeon dan Cartoon Network) dan kartun Jepang (didominasi oleh Tv Tokyo Anime), dimana keduanya masing-masing mempunyai ciri dan khas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Walaupun kedunya sama-sama menampilkan kartun yang berkualitas, tapi tetap saja keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar dan mencolok.
Berikut adalah beberapa perbedaan antara kartun Jepang dan Kartun Amerika:
a. Kartun Amerika

- Biasanya menampilkan tentang kemajuan teknologi (hal ini sejalan dengan khas Amerika dalam membuat film, yaitu tentang kemajuan teknologi) dan tentang kelainan genetik.
- Pembawaan kartun lebih kasar dan jarang menyerupai makhluk aslinya.
- Biasanya kartunnya menggunakan humor yang berat.
- Tidak terlalu sering menampilkan drama dalam kartunnya.
- Sering menampilkan karakter yang unik dan khayal.
- Biasanya lebih menonjolkan unsur kerjasama dalam cerita kartunnya.
- Lebih menampilkan pendidikan intelegensi.
Contoh kartun Amerika : Sponge bob squarepants, X-men, Scooby doo, Tom and Jerry, Tiny Toon, Ben 10, Dora the Explorer, Avatar, Go Diego Go, dll.
b. Kartun Jepang
- Lebih menampilkan tentang kesederhanaan.
- Dalam pembawaannya, karakter dibuat semirip mungkin dengan tokoh nyata.
- Humor yang ditampilkan adalah humor ringan yang cenderung garing.
- Biasanya bercerita tentang perjuangan seseorang dalam meraih impiannya (contohnya Naruto dan Captain Tsubasa).
- Lebih menampilkan pendidikan emosional.
Contoh kartun Jepang : Naruto, Captain Tsubasa, Bleach, Pokemon, Hamtaro, Eyeshield, Love Hina, Doraemon, Go Go Racing, Negima magister, dll.
Dan walaupun keduanya memiliki corak warna yang berbeda, tapi keduanya tetaplah menjadi bumbu kartun dunia yang selalu menghiasi tayangan layar kaca di seluruh dunia.


Sumber : kaskus.us

2 komentar:

  1. Yang saya tidak setuju :
    jepang

    1."Lebih menampilkan tentang kesederhanaan."
    tidak juga. anime jepang terkenal dengan karakter yang pakaiannya ribet, dunia fantasi yang aneh, dan mahluk2 yang ga wajar.

    2. "Dalam pembawaannya, karakter dibuat semirip mungkin dengan tokoh nyata."
    Salah! karakter anime jepang pasti bermata besar2. padahal di jepang sendiri orangnya bermata sipit. Belum lagi warna rambut karakternya tidak pernah alami. masa sih ada anak sekolahan rambutnya pink, ijo, ato orange?
    karena perbedaan yang sangat jauh dari kenyataan inilah, kenapa sering sekali film live action dari suatu manga/anime menjadi gagal bagi para fans, karena ketidak miripan karakter dalam anime dgn karakter orang asli. belum lagi anime jepang karakternya kebanyakan chibi2.
    dalam hal kemiripan dgn kenyataan, kartun amerika jauh lebih mirip orang2 asli. jangan lihat spongebob, lihat spiderman, x man, batman, dll.

    3. "Sering menampilkan sesuatu yang bernorma"
    sama sekali tidak benar! 75% anime jepang (90%manga) mengandung unsur ketelanjangan/nudinity. Banyak juga yang mengandung kekerasan/psikopatik(kejahatan yang gila sadis).
    dalam hal pornografi dan kekerasan, jepang jauh diatas negara2 lain termasuk amerika.
    sebagian besar anime jepang tidak lulus sensor di amerika dan negara2 lain. tidak ada negara lain yang menyajikan kartun bokep (bukan SEMI lagi, tapi full) di tv2 lokal selain jepang!
    amerika memang sedang mengikuti keberanian jepang, tetapi mereka belum pernah menayangkan kartun yang menampilkan cewek telanjang bulat di tv2 lokal, sekalipun pada jam tayang malam.

    saya tidak tahu anda dapat referensi dari mana, tetapi tulisan anda ini jauh dari kenyataan

    BalasHapus
  2. wow terima kasih untuk masukkan dan kritiknya.

    1."Lebih menampilkan tentang kesederhanaan."
    kesederhanaan disini maksudnya adalah komik2 manga jepang cenderung hitam putih yang polos, sedangkan komik2 barat kebanyakan memakai full color yang penuh dengan detail pencahayaan yang rumit.

    2. "Dalam pembawaannya, karakter dibuat semirip mungkin dengan tokoh nyata."
    maksudnya adalah cerita2 manga kebanyakan mengambil tema kehidupan sehari2 di jepang, dan sedikit dibumbui dengan ide2 kreatif seprti fantasi yang menakjubkan..
    tp pernyataan ini relatif, tidak ada yg perlu dipermasalahkan, yang penting anda menikmatinya.

    3. "Sering menampilkan sesuatu yang bernorma"
    iya anda memang benar, mungkin saya harus menghapus bagian ini, karena kalau saya mengambil contoh manga "MPD Psycho", sangat jauh menyimpang dari norma.

    terima kasih banyak dan selamat menikmati komik2 barat dan jepang :)

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords