Kamis, 17 Maret 2011

Terjawab, Kenapa iPad 2 Lebih Tipis



Apple iPad 2 (GSM Arena)

Apple berhasil mengurangi ketebalan dan berat iPad generasi kedua atau lebih dikenal dengan iPad 2 secara signifikan dibandingkan iPad generasi pertama.

Pada iPad 2, Apple memangkas dimensi perangkat tersebut sehingga terlihat lebih ringkas dan tipis. Selain itu, Apple juga meminimalisir dimensi beberapa komponen kunci, terutama baterai. Demikian dituturkan lembaga riset IHS iSuppli.

Sebagaimana diketahui, Apple iPad 2 bermassa 600 gram, turun 15 persen dari massa iPad 1 sebesar 700 gram. Ketebalan iPad 2 ditemui sebesar 8,8 milimeter, turun 34 persen dari 13,4 milimeter pada iPad 1.

"Meningkatkan perhatiannya di segi desain, Apple telah merevolusi iPad pada generasi kedua. Mereka mengubah form factor produk tablet PC menjadi lebih kompetitif untuk mengurangi ketebalan dan berat iPad 2 secara substansial," kata Kevin Keller, analis prinsipal IHS iSuppli, yang dikutip VIVAnews dari Celluar News, Kamis 17 Maret 2011.

"Apple memang menunggulkan sisi ketebalan sebagai titik diferensiasi iPad 2. Tablet-tablet lain yang beredar di pasar hampir semuanya memiliki ketebalan yang mirip dengan iPad 1. Sekarang mereka terlihat gemuk jika disandingkan dengan iPad 2. Hal ini bukan tidak mungkin akan mendorong rival-rival Apple melangsingkan produk tablet mereka berikutnya," jelas dia.

Kontribusi terbesar dalam ketipisan iPad 2 adalah sub-sistem baterai. Bagian ini berkurang 59 persen dari 6,1 milimeter pada iPad 1 menjadi 2,5 milimeter. "Desain baterai iPad 2 mengalami perubahan terbesar dibandingkan iPad 1," ujar Keller.

"Apple mengubah dua sel baterai tebal menjadi tiga sel baterai yang lebih tipis. Bentuknya tipis mendatar. Pada desain baru, Apple juga menghilangkan kerangka plastik yang mendukung injeksi dari sub-sistem baterai. Sebab itu, ketebalan iPad dapat berkurang drastis," imbuhnya.

Apakah pemangkasan dimensi baterai berimbas pada turunnya daya baterai? Tidak. Justru perbaikan desain iPad 2 ini memacu peningkatan hingga 15 persen di sisi daya. Ini menunjukkan bahwa usia baterai relatif terhadap massa baterai.

Berikut perbandingan ketebalan antara iPad 1 dan iPad 2:
BagianSelisih (dalam persentase)
iPad1iPad2
Lapisan atas layar sentuh0,80mm0,60mm25%
Lapisan layar sentuh0,90mm0,90mm
Gasket/Adhesive0,10mm0,10mm
Layar3mm 2,5mm 17%
Clearance (jarak ruang)1,6mm 1,3mm 19%
Baterai6,1mm 2,5mm 59%
Enclosure0,8mm 0,8mm
Total13,4mm8,8mm 34%
 

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords