Minggu, 27 Maret 2011

Opera: Revolusi Mesir Sukses Karena Ponsel



Wael Ghonim, eksekutif Google saat berorasi di Lapangan Tahrir (Associated Press)

Ini satu lagi laporan yang memperkuat pendapat bahwa Revolusi Mesir sangat bergantung pada teknologi, khususnya internet, ponsel, dan media sosial.
Menurut laporan terakhir dari State of the Mobile Web yang dikeluarkan oleh Opera Software, ternyata kunci sukses dari Revolusi Mesir adalah bagaimana masyarakat Mesir mampu berkomunikasi satu sama lain.
Opera yang turun langsung ke Lapangan Tahrir Kairo saat unjuk rasa besar-besaran dilakukan, sempat mewawancarai salah satu peserta unjuk rasa, seorang insinyur bernama Ayman Shokr.
"Kunci sukses dari revolusi ini adalah bagaimana kami bisa saling terhubung, apakah melalui Facebook dan jejaring sosial lain di Internet, hingga ke ponsel. Ini adalah revolusi yang berbasis komunikasi," kata Shokr. 
Sebelumnya, sudah banyak diberitakan bahwa jejaring sosial Facebook dan Twitter memang memainkan peranan yang sangat penting dalam keberhasilan menjungkalkan rezim Hosni Mubarak. Selain itu, terjadi pula lonjakan penggunaan ponsel selama masa krusial di Mesir berlangsung.
"Menurut analisis kami terhadap penggunaan Opera Mini, terdapat peningkatan yang tajam dalam penggunaan Web secara mobile di Mesir," ujar Jon von Tetzchner,
Co-founder Opera Software, dalam laporan State of the Mobile Web edisi Februari 2011.
Menurut  von Tetzchner, hal ini bukan hal yang mengejutkan, mengingat adanya peristiwa penting yang terjadi selama Februari. Namun, ia menambahkan, ternyata hal itu berlanjut hingga negara itu semakin stabil. 
Trafik ke Facebook meningkat dengan page views yang mencapai jutaan, dengan trafik terbesar terjadi ketika Hosni Mubarak lengser pada 11 Februari 2011, dengan volume mencapai 6 juta page views. 
Selain Faecbook dan Twitter, Opera juga mencatat beberapa situs yang mendulang trafik yang tinggi, baik selama revolusi berlangsung maupun setelah revolusi berakhir. Situs-situs itu adalah Al Jazeera, Aldostor, Al Masry Alyoum, Youm 7, Shorouk News, dan Masrawy.
Mesir sendiri adalah negara terbesar pengguna Opera Mini di Timur Tengah. Pengguna Opera Mini di Mesir mengalami pertumbuhan page views rata-rata sebesar 187,7 persen dan pertumbuhan jumlah pengguna unik sebesar 139,9 persen.
Di Mesir, Facebook merupakan situs terpopuler kedua setelah Google. Sementara BBC, Youm7, dan AlJazeera adalah situs berita yang paling banyak diakses oleh pengguna mobile yang menggunakan Opera Mini.

• VIVAnews

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords