Senin, 31 Januari 2011

Orang Yunani Melaut sejak 130.000 Tahun Lalu



Penemuan perkakas di Pulau Kreta yang berusia 130 ribu - 700 ribu tahun lalu (Physorg)
Pemerintah Yunani mengumumkan penemuan kelompok arkeolog dari Yunani dan Amerika Serikat terhadap berbagai perkakas yang digunakan oleh manusia, yang berusia sekitar 130 ribu tahun yang lalu hingga 700 ribu tahun yang lalu.
Lokasi penemuan berupa kampak lasar dan beberapa perkakas lainnya itu adalah di sebuah tempat bernaung di Pulau Kreta Yunani.
Seperti dikutip dari situs Physorg, Pulau Kreta yang terletak di wilayah selatan Yunani, telah terpisah dari pulau utama Yunani sejak sekitar lima juta tahun yang lalu.
Oleh karenanya, para ilmuwan percaya bahwa pembuat perkakas-perkakas ini telah mengenal navigasi dan melakukan perjalanan menyeberangi Laut Mediteranea setidaknya sejauh 40 mil atau sekitar 64,3 km.







Sebelum adanya penemuan ini, peneliti hanya memiliki bukti awal terjadinya perjalanan laut terbuka di Yunani pada 11 ribu tahun yang lalu. Dengan demikian, penemuan ini membuktikan bahwa perjalanan laut sudah terjadi ribuan tahun sebelum itu.













Sementara, bukti awal adanya perjalanan laut di dunia (bukan hanya terbatas di wilayah Yunani) diyakini terjadi pada sekitar 60 ribu tahun yang lalu, walaupun beberapa lainnya menawarkan teori yang mengklaim adanya temuan yang lebih awal.
Kementrian Yunani sendiri menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan ekskavasi terhadap bagian selatan Pulau Kreta tadi untuk melakukan penelitian yang lebih menyeluruh.

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords