Sabtu, 07 April 2012

Jepang Kembangkan Robot Cekatan Pembantu Pasien Penderita Stroke



TOKYO - Tidak hanya ingin berkutat di dunia otomotif, Toyota rupanya semakin berhasrat untuk mengembangkan teknologi robotika. 

Bahkan, perusahaan asal Jepang ini kabarnya tengah menciptakan robot terapi khusus penyakit stroke. 

Ide di balik robot ini adalah menciptakan sebuah robot yang bisa membantu para pasien yang terkena stroke, terlebih bagi mereka yang telah menderita lumpuh satu bagian sisi tubuh. 

Toyota rupanya tak sendirian dalam penggarapannya, mereka mengajak kerja sama Universitas Fujita Health untuk menguji robot terapi ini.

Diberitakan Slash Gear, Selasa (7/6/2011), kabarnya Toyota sedang menciptakan versi baru robot tersebut dengan bobot yang lebih ringan namun tetap bisa cekatan untuk mengerjakan segala pekerjaan. 

Nantinya robot ini akan berada di sisi pasien untuk menopang tubuh mereka ketika sedang berjalan.

Baik menggunakan tangan maupun bahu robot, tergantung pada kebutuhan pasien.

Namun sayang, belum begitu banyak informasi yang bisa dikorek mengingat robot ini tengah diuji.

Agaknya pihak universitas dan Toyota masih menjaga informasi rapat-rapat pada ciptaan baru mereka. Mudah-mudahan saja kita bisa segera melihat lebih banyak robot dalam waktu dekat. (ar/dt/sglg) 

www.suaramedia.com

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords