Jumat, 12 November 2010

Iblis New Jersey (Bagian I)

Banyak versi cerita yang berkembang mengenai asal usul Iblis New Jersey, salah satu yang paling terkenal adalah cerita Nyonya Shrouds.
Tahun 1744, cuaca di malam itu semakin buruk, hujan deras disertai angin kencang, suara gemuruh air di luar sangat memekakkan telinga. Di dalam sebuah rumah sederhana, seorang ibu telah melahirkan anaknya. Nyonya Shrouds memandangi anak yang baru dilahirkannya sejenak dan seakan tak percaya. Anak itu agak sedikit aneh, Anak itu tidak menangis! Malah mengeluarkan suara terkikih layaknya seekor kuda. Matanya besar, seakan ingin mengutuk orang yang telah melahirkannya. Anak itu kemudian berjalan menuju cerobong asap, memanjatnya dan terbang ke arah hutan lebat di New Jersey. Inilah asal mula ceritanya yang terjadi di Leeds Point.


Rumah ibu dari Iblis New Jersey

Cerita lain lahir di Estelville, New Jersey. Nyonya Leeds mengandung anaknya yang ke 13, berteriak, “Semoga ini adalah anak setan!.” Permintaannya terkabul. Anak itu lahir dengan tanduk, ekor, sayap, dan kepala mirib seekor kuda. Makhluk itu menghantui Nyonya Leeds setiap hari. Dia tidak tahan dan membuang anaknya itu. Makhluk itu tidak pernah kembali lagi.
Burlington, New Jersey, juga memiliki cerita tersendiri mengenai kelahiran Iblis Ney Jersey ini. Tahun 1735, Ibu Leeds sedang melahirkan di malam yang berangin kencang. Dia ditemani oleh teman-temannya. Banyak yang menduga, Ibu Leeds adalah adalah seorang penyihir wanita. Anaknya lahir normal tapi kemudian berubah bentuk. Bayi ini berubah dari bayi normal menjadi makhluk dengan kepala kuda, bersayap dan memiliki ekor. Makhluk itu membuat semua orang panik dan terbang menuju cerobong asap. Tahun 1740 seorang pendeta mencoba menangkap makhluk tersebut selama hampir 100 tahun tapi sampai sekarang tidak pernah berhasil.


Satu hal yang menjadi persamaan cerita di atas adalah nama ‘Leeds’. Dimana seorang ibu yang bernama Leeds dan bertempat tinggal di Leeds Point, semua cerita-cerita tersebut memakai nama Leeds. Alfred Heston, seorang Sejarawan County Atlantic percaya bahwa bisa jadi setan yang dimaksud adalah bayi yang dilahirkan oleh Leeds atau Shrouds. Dia menemukan bahwa Daniel Leeds membeli tanah di Great Egg Harbor, New Jersey, pada tahun 1699. Keluarganya tinggal di Leeds Point. Dia juga telah menemukan Samuel Shrouds, Sr datang ke Pelabuhan Little Egg, New Jersey pada tahun 1735 dan hidup di sana berseberangan dengan sungai dari rumah Ibu Leeds. Tiga fakta yang mengaitkan cerita Burlington dengan cerita-cerita lainnya. Profesor Fred MacFadden dari Coppin State College, Baltimore, menemukan bahwa ‘setan’ yang disebut dalam tulisan dari Burlington awal tahun 1735. Dia juga menandai bahwa kata Burlington digunakan untuk menyebutkan nama sebuah wilayah di kota Burlington sampai Atlantic Ocean. Ini berarti nama ini digunakan sebagai tempat kelahiran seperti Leeds Point atau Estelville, bisa jadi merupakan tempat yang sama yang menunjukkan dimana legenda Burlington ini berasal.

Penampakan Iblis New Jersey terjadi di tiga periode, yaitu sebelum 1909, 16-23 Januari 1909, dan pertengahan tahun 1909.
Dari era sebelum 1909, beberapa dokumentasi mencatat penampakan yang terjadi. Di awal abad ke 19, Commodore Stephen Decatur, seorang akademi angkatan laut yang sedang menguji penembakan meriam ketika ia melihat sesosok makhluk aneh terbang melintasi langit. Decatur mengarahkan meriamnya ke makhluk aneh itu dan menembaknya. Tembakannya mengenai sasaran tetapi tidak berhasil membuat makhluk itu jatuh. Joseph Bonaparte, mantan raja Spanyol dan merupakan saudara Napoleon, melihat Iblis New Jersey di Bordentown, New Jersey, diantara tahun 1816 dan 1839 saat dia sedang berburu. Tahun 1840-1841 banyak biri-biri dan ayam yang terbunuh oleh sesosok makhluk yang mengeluarkan suara pekikkan keras dan aneh. Dalam tahun 1859-1894, Iblis New Jersey terlihat dan seringkali dilaporkan terlihat di Haddonfield, Bridgeton, Smithville, Long Branch, Brigantine, dan Leeds Point. W.F. Mayor dari New York mencatat saat mengunjungi Pine Barrens, sebagian besar penduduk disana tidak berani keluar saat malam hari. Iblis New Jersey sempat disaksikan oleh George Saarosy, seorang pebisnis terkemukan. Penampakan yang ia lihat terjadi di perbatasan antara New Jersey dan New York. Inilah laporan penampakan terakhir yang dilaporkan sebelum abad ke 19.
Tahun 1903, Charles Skinner, pengarang dari American Myths and Legends, menyatakan bahwa legenda Iblis New Jersey belum berakhir dan bisa terjadi di awal abad yang baru. Penampakan Iblis New Jersey ini tidak pernah didengar lagi sampai 16-23 Januari 1909. Selama satu minggu tersebut, Iblis New Jersey menampakkan dirinya di selatan Jersey dan Philadelphia. Penampakan ini terlihat oleh 1000 orang. Ini merupakan pemunculan terbesar yang pernah terjadi.

Cerita ini bermula pada Minggu pagi pada tanggal 16 Januari 1909. Thack Cozzens dari Woodbury, New York melihat sesosok makhluk terbang rendah menuju jalan dengan mata bercahaya. Di Bristol, PA, John Mcowen melihat dan mendengar makhluk aneh di pinggiran terusan. Patrol James Sackville menembak ke arah makhluk itu saat ia terbang menjauh. E.W. Minister, Kepala Kantor Pos dari Brispol, PA, juga melihat sesosok makhluk mirib burung dengan kepala mirib kuda menjerit melengking. Ketika siang hari datang, penduduk Brispol menemukan jejak kaki berkuku panjang di atas salju. Dua orang penduduk yang bekerja di sekitar tempat itu tidak pernah melihat jejak kaki ini sebelumnya.
Pada hari senin, Lowdens dari Burlington, New Jersey, menemukan jejak kaki di halaman rumahnya dan di sekitar tempat sampahnya ketika sedang makan. Hampir tiap halaman rumah penduduk di sana pernah mendapat jejak seperti itu Jejak kaki itu mengarah ke pohon, menuju dari atap yang satu ke atap yang lain, hilang di tengah jalan dan berhenti di tengah ladang. Jejak seperti ini juga ditemukan di Columbus, Hedding, Kinhora, dan Rancocas. Sekelompok pemburu mengikuti jejak dengan anjing pelacak tapi tidak pernah berhasil.


Peta yang menunjukkan penampakkan Iblis Jersey

Tanggal 19 Januari, Iblis Jersey memperlihatkan penampakannya yang terpanjang selama seminggu. Waktu itu jam 2.30 pagi, Tuan dan Nyonya Nelson Evans dari Gloucester terbangun karena suara yang berisik. Mereka menuju jendela dan mencoba mengintip keluar. Mereka tak percaya pada apa yang mereka lihat selama 10 menit tersebut dan menggambarkan makhluk tersebut sebagai berikut.
Makhluk itu setinggi tiga kaki dengan kepala seperti anjing collie, dan wajah seperti kuda. Memiliki leher yang panjang, dan sayap sepanjang 2 kaki. Bagian belakang kakinya seperti burung bangau, dan berkuku kuda. Dia berjalan dengan kaki belakangnya dan memiliki dua kaki depan yang pendek serta memiliki cakar. Dia tidak menggunakan dua kaki depannya saat kami melihatnya. Saya dan istri saya ketakutan, saya memberanikan diri membuka jendela dan mencoba mengusirnya ‘Shoo’, dan makhluk itu melihat ke arah saya dan terbang menjauh.
Selasa sore, 2 orang pemburu professional mengikuti jejak Iblis New Jersey sepanjang 20 mil di Gloucester. Melompati sebuah pagar setinggi 5 kaki di sebuah jalan kecil dan lebar kurang dari 8 inci. Jejak kaki ini ditemukan di beberapa wilayah di selatan Jersey. Sebuah kelompok Observasi di Camden, New Jersey melihat Iblis Jersey. Makhluk itu menyalak dengan garang dan akhirnya terbang ke udara.
Hari berikutnya, seorang perwira polisi Burlington dan Reverand John Pursell dari Pemberton melihat Iblis Jersey. Rev Pursell mengatakan, “Saya tidak pernah melihat ini sebelumnya.” Di Collingswood, New Jersey, sekelompok polisi menyaksikan Iblis Jersey terbang diatas menara Moorestown. Di dekat tempat itu, John Smith dari Maple Shade juga melihat Iblis Jersey di Gunung Carmel Cemetery. George Snyder juga melihat penampakan Iblis Jersey setelah John Smith dan mereka mendiskripsikan bentuk Iblis ini dengan sama. Di Riverside, New Jersey, jejak kaki ini juga ditemukan di atas atap rumah penduduk.

0 comments:

Posting Komentar

Archive

 

zoom-mycasebook. Copyright 2009 All Rights Reserved Free Wordpress Themes by Brian Gardner Free Blogger Templates presents HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords